Zoho Writer… Tak Support dengan Google Chrome

Memakai layanan office online terkesan mahal untuk kebanyakan dari kita warga negeri yg masih miskin bandwidth akses internet. Sepertinya suatu hal yg tidak mungkin bahwa setiap laptop atau sejenisnya tidak dipasangi aplikasi office, entah itu yg berbayar atau bajakan, open source atau apalah namanya. Jadi kesan yg saya dapat adalah sia-sia saja itu disediakan, lebih-lebih buat orang kebanyakan. Meskipun demikian kelebihan yg tidak dimiliki oleh office offline adalah kemampuan kolaborasi secara online (perlu diingat ini perlu akses internet yg cukup). Layanan office online yg beberapa yg terkenal di antaranya adalah google doc dan zoho. Microsoft pun segera menyusul memberikan layanan sejenis.

Kali ini saya gunakan beberapa browser, dengan pemikiran untuk sekedar mencicipi. Apakah rasanya manis atau asin, atau pahit hehehe.

Pertama saya gunakan google chrome, ada muncul pesan error bahwa zoho writter tidak support dengan chrome saya. Belum lagi diperlakukan waktu beberapa detik untuk menampilkan layar untuk siap kerjanya, bandingkan manakala kita bekerja dengan office offline. Menggunakan Firefox 3.5.1 lancar saja demikian pula dengan IE 7 dan Opera. Yang jauh lebih gegas adalah dengan menggunakan Safari 4.0.2. Masalah ketidak-support-an aplikasi zoho juga terjadi pada zoho show sebagaimana di diskusikan di sini.

Untuk bisa menggunakan zoho writer kita mesti login terlebih dahulu, baik menggunakan akun dari gmail, yahoo atau sign up di zoho dulu. Mau coba-coba meluncur saja ke TKP, maka kita bisa mencoba layanan gratis office, meskipun untuk aksesnya perlu sedikit waktu… hanya semangat colaborasi yang tidak kita jumpai di office offline.zohourip

Selamat menikmati.

2 responses

  1. Meski sepintas layanan office online semacam itu terlihat menggiurkan namun seperti yg bapak katakan di awal bahwa persoalan bandwith koneksi internet yg tidak merata di daerah menyebabkan layanan semacam itu jadi mubazir. Namun semangat para petinggi dunia maya harus kita apresiasi. Seiring dengan perkembangan positif di bidang jaringan dan perluasan area koneksi internet, tdk mustahil ke depannya layanan semacam itu akan laku keras.

    Ngomong-ngomong pak urip, saya menunggu tulisan anda tentang pengalaman selama menjalani masa tugas belajar S2 dari Depag (beasiswa kan? kalo ndak salah lo) karena saat ini saya juga insya Allah akan meneruskan studi di UIN Sunan Kalijaga, jurusan PAI Qur’an Hadits. Jika punya account facebook ingin saya “add”, siapa tau bisa membentuk an intellectual network di kalangan guru madrasah.

  2. saya sendiri juga kadang pake google chrome, dan kadang beberapa tampilan tidak sesuai dengan harapan
    apa karena browser baru yah ? So far firefox masih terbaik versi saya sendiri