Tiga Tahun Blog Ini

Sepertinya sudah lama ngeblog di wordpress.com ini. Ternyata baru 3 tahun. Isinya gado-gado dan tidak bernas.  Yg tertuang hanyalah apa yg saya baca, kadang saya praktik-kan, saya amati, saya pikirkan. Semula berniat fokus untuk dunia pendidikan saja, ternyata kemampuan cekak dalam menganalisis persoalan. Yah sudah asal aja. Maunya sih lebih baik. Produktivitas yang relatif rendah (tidak lancar dalam menulis di blog ini) tidak terlepas dari keterbatasan banyak hal terkait kemampuan diri.  Akhirnya saya putuskan mengisinya tentang apa saja yg saya sedikit tahu, terutama tentang aktivitas berinternet, pemakaian beberapa perangkat lunak.

Awal ngeblog dulu sebenarnya terinspirasi karena sulitnya mencari sumber pembelajaran, lebih-lebih di awal munculnya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) tidak ada (belum ketahuan aja kali) sulit hanya sekedar ingin tahu KTSP itu gimana sih. Untuk yg satu ini sampai-sampai saya buat blog KTSP segala terus saya bengkalaikan begitu saja karena sudah semakin mudah mencari info terkait KTSP. Selain itu yah karena tersedianya akses internet di sekolah dengan dibantu rekan pengajar di SMKN 1 Pangkalan Bun yg sudih berbagi bandwidth. Terimakasih pak Roni.

Saya sebagai guru kimia sesungguhnya tidak menjiwai soal pengajaran kimia, semua keinginan hanya diangan. Banyak ide bermunculan terkait pengajaran kimia tapi tak segera terealisir. Ini karena tidak fokus dalam suatu hal akhirnya semuanya tidak ada yg terkuasai. Tapi itu tidak menyurutkan saya dalam menulis di blog gado-gado yg tidak pedes ini.

Dengan keterbatasan isi ternyata pengunjung yg nyasar/tersesat di blog ini sebanyak 2 juta… mohon maaf kalau tidak sesuai yang dicari. Dari semenjak lahir hingga umur 3 tahun jumlah pengunjung lumayan banyak mengingat isi blog yg asal tulis dan dangkal. Selama 3 tahun itu jumlah tulisan yg mampu saya buat sekitar 350-an tulisan. Suatu produktivitas yg rendah menurut hitungan saya. dulu bertekat akan menulis sebulan rata-rata 30 tulisan ternyata itu baru diangan belaka. Tidak tahu ke depan akan bagaimana. Angka-angka tadi juga karena didukung blogger-blogger kawakan yang rajin saling kunjung walaupun hanya sekedar menulis pertamax, keduax hingga klimax hehehe. Terimakasih teman.

Terlepas dari apa yg ada di blog ini, saya bangga karena dulu saya sedikit  sempat membantu para blogger pemula (saya waktu itu juga pemula) dalam blog wordpress.com. Ada beberapa tutorial terkait wordpress.com saat itu. Ini juga saya buatkan blog panduan tidak resmi dari wordpress.com bersama teman-teman yg perduli. Ini juga akhirnya tidak lagi sempat saya urus. Termasuk mengajak rekan2 blogger wordpress untuk sedikit menyumbangkan terjemahkan wordpress.com ke dalam bahasa Indonesia. Ini sedikit banyak bisa membantu pemula dalam menyusuri wordpress.com karena keterbatasan bahasa antarmuka yg awalnya bahasa inggris penuh. Sekarang sudah sangat user friendly wordpress.com. Siapapun dapat dengan mudah membuat blog.

Senang dan bangga banyak sudah rekan guru yang aktif mengisi blognya untuk berbagi berbagai pengalaman mengajarnya serta berbagi perangkat pembelajaran yg dulu sempat saya niatkan untuk mengumpulkan dan membagikannya lewat blog ini. Teryata saya tidak mampu melakukannya. Tapi rekan2 guru jauh lebih sigap untuk mau berbagi. Terimakasih teman juga.

Semula blog ini saya ingin punya “trademerk” tersendiri biar beda ~ asal beda saya beri nama HelGeduelBeK. Tapi karena dirasa  sulit di kenali akhirnya saya ubah dengan head seperti yg sekarang. Demikian juga theme yg berubah-ubah sebab saya sendiri kadang bosan tapi tersedia theme yg itu-itu juga. Ini tampilan yg kadang membuat orang nek atau malah ingin segera menutupnya. Tapi semua tergantung niat si pengunjung.

Dari ngeblog selama 3 tahun ini banyak manfaat yg dapat saya ambil. Banyak teman dari berbagai kalangan. Bisa menghasilkan beberapa rupiah terkait tawaran-tawaran disela-sela tulisan. Belajar memahami karakter pengunjung. Belajar menulis yang tidak mudah itu. Bahkan di tahun 2008 (28 Oktober kalau gak salah) sempat jalan2 ke Jakarta yg juga karena punya blog, didukung para pengunjung blog sekalian. Tapi karena kunjungan tersebut kuliah saya menjadi sedikit tersendat karena tidak sempat ikut ujian midsemester dan bermasalah karena tidak segera saya selesaikan. Ini romantika saya sebagai blogger. Tapi ini sangat nikmat.

Terimakasih blogger se-indonesia yg dulu rajin bersilahturahim, meskipun sekarang pada sibuk sendiri-sendiri (tambah tua aja yah). Atau karena lagi pada keranjingan di Facebook.com. Namun sebenarnya itu adalah ajang berbagi, bersosialisasi di dunia “lain”.  Terimakasih pengunjung yg karena tidak sengaja ke blasuk di blog ini dan akhirnya kecewa karena yg dicari tidak seperti yg diharapkan (salahkan search engine yah hehehehe). Bagi anda yang sedikit dapat manfaat dari blog ini, yah itulah yg saya niatkan sejak mula.

TERIMAKASIH SEMUA.

9 responses

  1. Lanjutkan aja deh daripada sekadar ngobrol di FB.

  2. dengan 3 tahun mas nya dapat tempat di goole yang wooow, sedang sy sejak sekitar 3 tahun yang lalu ngenal intrnet tp blognya masih gt2 juga, sukses deh buat mas…… dan kita semua

  3. Apa kabar Pak Urip? Ahh lama nian tidak berkunjung ke sini.

  4. Wah sudah lama juga ngeblognya.. Maju terus dunia pendidikan..!

  5. Salam blogwalking nih… 😀

  6. 3 tahun itu usia yang cukup lama lho pak.. 😀 selamat ya pak.. 😀

  7. met ulang tahun ngeblog mas … makin berat bobot blog ini kaya’nya … dah ga di jogja lagi to? selamat dan sukses slalu ya

  8. asss mas Urip, wah hebat ya. saya mau buat blog juga ahhhhh