Kembali ke Kelas

Dua tahun sudah meninggalkan kelas. Hari pertama masuk kelas dengan jam minimal 12 jam pelajaran (jp) tiap minggunya. Karena guru kimia di sekolah ada 3 orang maka pelajaran kimia dibagi untuk ketiga guru, termasuk saya sendiri yg kebagian mengajar Kimia kelas XII (gak srek makai sistem kelas ini, maunya menyebut kelas 3 aja). Karena kelas 3 IPA hanya sekelas maka praktis untuk kimia mengajar hanya 4 jp. Ditambah ‘bonus’ mengajar TIK kelas 1 sebanyak 4 kelas, tiap kelas 2 JP.

Karena tiap kelas belum pernah saya ajar maka menit2 awal saya gunakan untuk memperkenalkan diri, sedikit bercerita tentang pengalaman yang mungkin akan bisa menyemangati para siswa untuk selalu tekun belajar. Terlihat antusias tiap kelasnya, senang juga, meskipun mereka masih terlihat ingin tahu tetang saya. Yah sambil jalan nanti mereka juga akan kenal. Gaya mengajar dengan ritme yang biasa cepat sebisa mungkin untuk mengerem… pelan-pelan… pelan-pelan. Tak lupa juga wanti-wanti ke siswa agar selalu mengingatkan saya kala mengajar terlalu cepat dan untuk segera menyela saja jika ada hal yg ingin ditanyakan. Sebab suatu yg biasa kebanyakan kelas kalau di tanya apakah ada yg ingin ditanyakan mereka tidak menjawab, tidak ada respon. Tantangan tersendiri untuk hal ini.

Mengenali lingkungan dan sarana pembelajaran pun saya lakukan, maklum sewaktu saya tinggal 2 tahun lalu fasilitas tersebut belum tersedia, tinggal optimalisasi saja. Ada rasa optimis kedepan pengajaran akan lebih baik, apapun kondisi siswa yang ada. Eksplorasi akan semakin leluasa manakala kehadiran dalam kelas hanya 12 jp dengan waktu 3 hari, Senin 2 jp kimia3, Selasa 6 jp TIK1, Sabtu 4 jp kimia3 dan TIK1. Sisa waktu untuk menata apa yg perlu ditata bersama rekan guru dan pimpinan, dan tidak lupa untuk ngelabak ke sekolah lain untuk sharing info dan pengalaman.

7 responses

  1. Nggak libur Pak? Di sini selama puasa libur sampai seminggu pasca lebaran loh…

  2. guru tik= teknologi ilmu kimia

    itu pas dengan jurasanipun pak

  3. semoga pengajaran dan sistemnya akan semakin lebih baik lagi.. 🙂

  4. waktunya libur masuk ya om ?

  5. Selamat menikmati kembali dinamika kelas Pak.
    Banyak PR yang harus dibenahi

    salam dari Jogja

  6. nasib sama pak, sama dapat jatah ngajar TIK juga, plus benah2 laboratorium, guru kimia sudah 3 orang, tapi ibarat reaksi kimia maka guru kimia tempat saya sudah berlebihan sedangkan murid sedikit, bisa jadi produk yang dihasilkan sempurna, alias kimia tambah maju dan bisa bermanfaat lebih baik, semoga….

  7. klo saya ngajar kimia 3 kelas dari kelas satu sampe kelas tiga mantap…!!! T_T