Teks Editor yg Mampu Seleksi Mode Kolom

Seleksi kolom biasanya hanya bisa dilakukan kalau kita menggunakan tabel atau aplikasi spreadsheet. Namun kadang kita memerlukan pemilihan teks tertentu yg berada pada kolom pada tulisan yang bukan berbentuk tabel.

Kate adalah teks editor seperti teks editor kebanyakan, namun ia memiliki kemampuan untuk seleksi mode kolom. Untuk melakukannya klik Edit > Block Selection Mode atau dengan menekan Ctrl+Shift+B selanjutnya bisa dilakukan seleksi mode kolom pada deretan teks yang ada pada suatu kolom.Screenshot-Default Session: Untitled [modified] – Kate

Openoffice Writer juga mampu melakukan seperti halnya Kate. Caranya kita mesti mencentang Block Area dari menu Edit > Selection Mode > Block Area (Alt + Shift + B)Screenshot-Untitled 1 - OpenOffice.org Writer-1

VIM juga mampu melakukannya. Tapi… Ok nanti dilanjut deh. Masih banyak lagi teks editor melakukan seleksi kolom untuk keperluan tertentu.

4 responses

  1. keren keren makasih infonya

  2. nambah ilmu lagi pa … thanks

  3. mau mulai hijrah ke linux masih mamang, kalau bikin dual system dengan windows vista caranya gimana, vistae dah terinstall duluan.

  4. Aku lebih demen XP daripada vista dan kalaupun terpaksa harus pakai vista mungkin aku mencari windows 7……

    XP Lebih ringan bro…Drupal Menang Lagi Sebagai CMS Terbaik
    Makasih ilumnya neh….