Youtube dan Pembelajaran Kimia

Siapa yg gak kenal Youtube. Gudang pemyimpanan video2, video apa saja. Termasuk yag terkait pendidikan utamanya pembelajaran. Hanya saja kebanyakan dari pengakses kadang tidak memiliki kecukupan bandwidth untuk dapat mengambil dan memanfaatkannya. Jika pemerintah perduli untuk memfasilitasi sekolah agar bisa menggunakan IT maka semestinya disediakan bandwidth yang cukup lebar. Untuk yg terakhir ini kita tunggu saja janji pak Mendiknas.

Karena lemahnya kemampuan berbahasa Inggris bagi kebanyakan guru atau orang Indonesia maka jika mencari pembelajaran kimia yg berformat video di youtube jarang kita dapati. Barangkali sih banyak yang sudah membuat tetapi mereka tidak mau berbagi. Budaya orang Indonesia  memang tidak banyak yg mau berbagi ilmu (tapi pasti ada saja yg mau berbagi). Saya sendiri memang belum pernah buat video. Sekali lagi ini budaya kita orang Indonesia maunya mengambil untung dan tidak mau berbagi. 😦

Keterbatasan itu akan teratasi kalau kita menggunakan kata kunci berbahasa Inggris. Sudah dipastikan video yg kita lihat adalah berbahasa Inggris juga. Peran guru di sini adalah menjelaskan kepada siswa maksud dari tayangan untuk membantu memahami konsep yang sedang mereka tonton. Jika tidak paham bahasa Inggris kita bisa menelusuri asal video itu karena biasanya sumber web peng-unggah disertakan. Di sana setidaknya deskripsi tentang video yang ditayangkan ditulis. Masih tidak ngerti juga dengan tulisan yang berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya? Gunakan penterjemah google.

Video youtube memang tidak sekoyong-koyong bisa di download. Jika kita menggunakan Mozilla Firefox kita bisa menambahkan “addons” yang dapat memfasilitasi download video dari youtube atau web penyedia layanan akses video lainya (metacafe, google videos). Install add ons tersebut kemudian restart firefox anda maka kita bisa memanfaakan add ons itu untuk mendownload video yg kita maksud.

Setelah terdownload dengan benar video tersebut bisa kita sisipkan dalam pengajaran baik dalam bentuk slide presentasi atau secara terpisah. Ini diperlukan LCD Proyektor dan komputer.  Jika tidak tersedia fasilitas tersebut kita bisa mengemas video2 dalam bentuk keping VCD yang dapat ditayangankan dengan media televisi melalui video player.

Iklan

14 responses

  1. Unduh video dari youtube pakai keepvid. ketik aja http://www.keepvid.com. Selanjutnya masukkan alamat video dari youtube, terus download.

  2. siip mas,q pengen jg tuch

  3. aq srg downlod video dr you tube, demontrasi kimia ataupun video lucu untuk ice breaking.Murid2 ternyata suka

  4. nyoba ah… langsung ke TKP

  5. Assalamu ‘alaikum wr. wb. Mumpung para suhu dunia per blog an borneo lagi kumpul (tuh ada pak willy, pak budi dan yg empunya blog ini, hehehehe)seperti janji saya kemaren pak urip bahwa saya akan berkunjung ke blog sampeyan. Oleh krn itu seiring dgn peringatan hari guru nasional (hallaaah) insya Allah saya akan lebih meluangkan waktu utk menangani blog baru saya dan mulai mengurangi aktifitas di dunia facebook (kecuali game online nya tentu saja, hahahahaha!). Selanjutnya sekedar berbagi saja -meski ini mungkin sdh basi- bahwa saya lebih prefer menggunakan add-on downloadhelper di mozilla utk mendownload file2 video di youtube apalagi jika digabung dgn software internet download manager (IDM versi terbaru) maka urusan download video di youtube jadi jauh lebih simpel. Dan menurut saya situs youtube tsb sungguh sangat luarbiasa dlm penyediaan konten-konten belajar, tinggal kita para guru aja lagi yg hrs rajin browsing dan rela agak lama nungguin hasil download an tsb (bagi mereka yg koneksi internet nya agak lelet dan terbatas)

  6. waduh kenapa link blog baru saya gak muncul ya? terpaksa manual deh…. ini nih alamat blog saya yg baru (tapi mohon maaf msh blm sempat diupdate isinya) http://izaskia.wordpress.com/ mohon izin utk ikut me link blog sampeyan pak urip, pak willy dan pak budisan. Mudah-mudahan semangat hari guru bisa lebih menggairahkan iklim dan budaya tulis menulis di kalangan guru-guru, terutama saya dan rekan-rekan yg masih mabuk main facebook, hehehehehe!

  7. keren banget nih artikelnya…^_^

    Terima kasih infonya, jangan lupa untuk berkunjung ke sini yaaaaa…^_^

  8. unduh pake savevid juga bisa, slam kenal pak, sya dari west borneo

  9. bagaimana cara memasukkan film youtube kedalam power point ???? pake url apa ????

  10. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 06:17

  11. […] href="https://urip.wordpress.com/2009/11/21/youtube-dan-pembelajaran-kimia/" title="Youtube dan Pembelajaran Kimia">Youtube dan Pembelajaran Kimia […]