Membuat “Kartun” Media Pembelajaran

Dunia gambar adalah dunia yang hampir buat semua orang akan menarik dan mudah untuk dicerna. Pesan-pesan melalui gambar dan berbagai percakapan akan mudah diikuti. Hanya “sense” untuk pembuat kartun-lah yg menentukan. Siapapun bisa membuatnya. Menuangkan ide melalui gambar2 unik untuk dijadikan alternatif media belajar siswa. Boleh guru yang membuatnya atau bahkan untuk membangkitkan kreativitas anak, untuk membuat kreasi diri.

Saat ini membuat sebuah gambar kartun tidaklah terlalu sulit. Fasilitas yang tersedia melalui dunia maya (internet) sudah cukup banyak. Berbagai karakter dan dukungan bahasa untuk percakapan pun tersedia. Namun sayang hanya beberapa saja dari kita yang dapat memanfaatkannya.

Salah satu yang memberikan kemudahan untuk kreatifitas guru dan siswa bisa di coba di website www.toondoo.com. Silahkan register (gratis) kemudian silahkan jelejah berbagai tool yg ada. Jangan ragu untuk mencoba klik semua tool, tak lama kita akan dengan mudah membuat suatu tema kartun yang akan menarik buat siswa, mulai dari tingkatan sekolah dasar hingga sekolah menengah. Bisa diaplikasikan untuk pelajaran matematika, sain, sosial, agama, atau pelajaran lainnya. Motivasinya adalah membuat pelajar tertarik dengan tema yg kita suguhkan. Bila perlu siswa diminta membuat sendiri dengan tema yg telah guru tentukan. Bahkan hasil kreasi itu bisa dicetak dalam format buku, atau di share (dipamerkan) untuk saling memberi masukan.

Selamat mencoba bagi yg pertama kali kenal. Ini adalah alternatif media pembelajaran dengan perlu usaha hanya klik dan klik saja. So pasti perlu akses internet. Kalau di sekolah belum ada akses internet… lapor sama pak menteri pendidikan, karena itu program 100 harinya dia menjalankan tugasnya. Tagih deh.

Iklan

15 responses

  1. Sepertinya kren juga nh…
    Kita jadi bisa membuat kartun sendiri..
    Tp btw versi Offlinenya ada ga?

  2. kuangen aku kang, sampean lama yo gak nulis,
    langsung nyoba
    makasih

  3. 2 Haster: Yah untuk yg offline (software) coba cari lewat phazeddl.com.
    2 Budies: Iyah jarang banget. entahlah kapan gelem rajin nulis lagi. Padahal di kepala banyak yg ingin dituangkan.

  4. nyoba2 mas……

  5. sya jd tertarik…
    boleh minta bntuan??

  6. wah, kaliwungu kan gudangnya kartunis, bisa pesan untuk dibuatin nih, very nice idea Sir…thanks

  7. sangat amat membantu nihh..
    makasssiihh..

  8. wah sepertiY bgus banget nih

    pa lagi soal kartun, q gak mau ketinggalan donk

  9. wah mbuatnya mau,
    niatnya penuh,
    semangat menggebu2,
    tapi jiwa seni g keluar….

  10. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 00:19

  11. senang rasanya masih bisa berkunjung di rumah sahabat di akhir pekan ini, salam dari kalimantan tengah 09:44

  12. […] href="https://urip.wordpress.com/2010/01/31/membuat-kartun-media-pembelajaran/" title="Membuat “Kartun” Media Pembelajaran">Membuat “Kartun” […]

  13. peri yudianto, spd

    bagus….

  14. Bapak Ibu guru yang memerlukan RPP SD, SMP, SMA semua mata pelajaran lengkap untuk acuan dan perbandingan silakan klik link ini:
    http://jardiknas.depdiknas.go.id/index.php?option=com_kunena&Itemid=437&func=view&catid=33&id=1771