Berbagai Simulasi Eksperimen dan Animasi Kimia

Berikut merupakan kumpulan berbagai simulasi eksperimen dan animasi dari beberapa konsep kimia.  Silahkan download dari tautan dibagian bawah dari laman ini.  Bagi sekolah yang tidak memiliki laboratorium untuk praktikum kimia dapat menggunakan beberasa simulasi eksperimen yang tersedia. Animasi juga disediakan untuk memudahkan pemahaman siswa dalam memahami konsep-konsep abstrak pada pelajaran kimia.

Kali ini saya ambil dari situs asal Departemen Kimia Universitas Negeri Iowa. Anda pun dapat mendownloadnya satu per satu simulasi dan animasinya dari link (tautan) tersebut.

Bahasannya antara lain:

  • Elektrokimia
  • Titrasi Redoks
  • Hukum Gas
  • Termokimia
  • Larutan
  • Kesetimbangan Asam-Basa
  • Kesetimbangan Kimia
  • Stoikiometri
  • Pengukuran
  • Kinetika reaksi
  • Perkiraan produk dari reaksi kimia.

Untuk dapat membuka file dari situs tersebut diperlukan aplikasi:

  • Winzip atau Winrar atau 7-zip atau sejenisnya untuk mengekstrak file hasil download-an.
  • Flash player atau swf player, yg ini dapat diunduh terlebih dahulu dari link tersebut. Aplikasi ini digunakan untuk membuka file hasil ekstrak dengan ekstensi *.swf.
  • Shockwave Player, kita pun dapat mengambilnya dari situs ini dan menginstallnya. Aplikasi ini digunakan untuk membuka file hasil ekstrak yg didalamnya terdapat file dengan ekstensi *.dcr. Biasanya file *.dcr bisa dibuka dengan internet explorer atau firefox jika kita telah menginstall shocwave player.

Jika tidak mau repot untuk download satu persatu silahkan download dari link ini (3,73 MB). Jika anda kesulitan mengunduhnya saya siap untuk mengirimkannya via email anda. Jangan lupa silahkan tinggalkan alamat email anda pada bagian komentar.

Ok, semoga bermanfaat.

25 responses

  1. this is exactly what I need, thank you mas Urip 🙂

  2. Wahh,, mantabs,, animasi nya pasti berguna banget nih untuk ngebantu guru2

  3. KIRIMKAN SIMULASI EKSPERIMENT DAN ANIMASI KIMIA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

  4. Silahkan periksa inbox email anda. Sudah saya kirim tuh.

  5. tolong kirimkan simulasi eksperiment dan animasi kimia thermokimia dan laju reaksi. trims.

    1. Saya sudah kirim via email, silahkan diperiksa di inbox, sesuai atau tidak?

  6. muantepppp tuch mas ntuk para guru. tolong kirimin eksprimen dan animasi larutan elektrolit dan non elektrolit, larutan, elektrokimia, konsep asam basa menurut Arhennius, redoks. trims ya

    1. Silahkan periksa kotak masuk surel anda. Terimakasih.

  7. makasi mas filenya da d kirim …. tp program yg d pake utk buka animasinya apa mas …. soalnya ga bs d buka nich …. he 9x

    1. Kalau formatnya dcr itu membukanya dengan shockwave yang merupakan plug-in untuk firefox atau mesin browser lainnya.

  8. Pak tolong kirimkan semua materinya ya ke email saya. Karena saya gak bisa2 downloadnya. trims

    1. Ok sudah saya kirim, silahkan dicek di inbox yah. terimakasih.

  9. Pak, saya mau dong…

  10. asalam,..
    terimah kasih pak info nya keren,..
    kalau boleh,, saya mau minta tlng bapak kirimkan juga filenya pak,..
    makasih,..
    wasalam

    1. Ok silahkan diperiksa di indox mail saudara, semoga bermanfaat. Terimakasih.

  11. Saya juga mau, semoga Allah swt memberikan barokah dan hidayahNYA selalu pada Bpk.
    Matur suwun.

    1. Ok mas Bambang Apriyanto, silahkan periksa surelnya yah, terimakasih, semoga bermanfaat.

  12. pa urip yang saya hormati terima kasih info2 kimianya saya ingin seperti bp bisa membuat media pembelajaran dengan mengugunakan tik, gimana caranya? saya cukup gaptek. tp ingin berubah? klo bp berkenan saya ingin minta ilmu nya. terima kasih, bls lewat e-mail : bdsyarief81@mail.com

    1. Mas Syarief: Sy kira tulisan di blog ini hanya menginisiasi, detail untuk pembuatan media pembelajaran banyak bertebaran di situs lain. Tapi ide kreatif bisa saja muncul dari diri kita atau dengan melihat media pembelajaran rekan lainnya. Mainkan feeling untuk mencari apa yg kita ingin tahu. Semoga akan mendapat pencerahan yg lebih.

  13. terima kasih banyak pa…,

  14. mas…
    filenya sudah tidak bisa didownload. Tolong kirim ke email saya mas..
    Trims 😉

  15. ass bpa yang terhormat
    semoga Allah selalu memuliakan Bapa. amin
    mhn maaf pa bisa dikirim semua simulasi di atas ke alamat email : iwan_cibaliung@yahoo.com
    terimakasih

    wasalam
    iwan

    1. Ok saya cek dulu yah

  16. Pak, salam kenal….saya Insyaallah akan ikut sertifikasi 2011 ini, mohon dikirimkan ke alamat email saya dhee_yand89@yahoo.com…terimakasih….