Kimia 12.3 Kimia Unsur Membosankan?

Pokok bahasan kimia unsur kalau dibawakan secara monoton memang sangat menjemukan baik bagi siswa dan guru sendiri. Seperti tulisan Aceng Haetami dari hasil wawancaranya dengan beberapa guru dan siswa di Sulawesi Tenggara. Tentu kondisinya tidak akan jauh berbeda untuk daerah lain. Namun dengan perkembangan dan ketersediaan fasilitas koneksi internet kita dapat mengambil berbagai film/video dari youtube. Beberapa demontrasi tentu sangat menarik minat siswa. Ini, sekali lagi untuk mengatasi keterbatasan sarana laboratorium dan bahan-bahan kimia di sekolah. Namun jika semua tersedia tentu siswa bisa diberikan pembelajaran langsung dan nyata dan lebih mengesankan.

Jadi kalau lab tidak punya maka gantinya adalah fasilitas internet dan komputer yg semakin terjangkau. Jika itu tersedia maka sudah cukup untuk bisa digunakan untuk melihat beberapa demonstrasi.

Untuk bahasan kimia unsur beberapa video yang bisa dipakai untuk menarik perhatian siswa antara lain dengan meng-unduh-nya dari youtube atau video google. Contohnya seperti video berikut.

Reaksi logam alkali dan alkali tanah dengan air yang menunjukkan kecenderungan reaktivitasnya.

Uji warna nyala beberapa dari senyawaannya.

Sedikit tips mencari demonstrasi berbagai sifat-sifat dari unsur di youtube atau di google video adalah dengan menggunakan kata kunci yg tepat. Menggunakan bahasa Inggis tentunya. Misalnya kita ingin mencari demo yang menunjukkan sifat oksigen maka kita ketikkan oxygen properties. Begitu dan seterusnya.

Kita perlu sadari bahwa penggunaan sebanyak-banyaknya panca indra sangat bagus dalam memahami konsep abstrak sekalipun. Dengan video demo tentu memberikan gambaran nyata di depan mata siswa.

Bagaimana caranya mengambil video-video semcam itu?

Nah kalau sudah dapat link/tautan yg sekiranya pas, kita bisa mendownload video yg kita cari. Saya biasa menggunakan browser Firefox dengan memasang addons pendownload video dari youtube. Setelah memasangnya silahkan restart firefoxnya. Selanjutnya tujulah link videonya yg hendak didownload dan perhatikan kita mau mendownlaod dalam format apa, tinggal pilih.

Iklan

One response