Tips Mengkopi Hasil Terjemahan dari Google Translate

Untuk mengkopi hasil terjemahan satu halaman penuh dari suatu website diperlukan sedikit tips. Saya telah mencobanya dengan browser Firefox versi 3.6.8, Google Chrome versi 6.0.472.33, Opera versi 10.61, dan Safari versi 5.0.1. Hasilnya memang berbeda. Tempat hasil pengkopian saya gunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Office Word 2003-2007 dan Open Office Writer 3.2.1.

Pada awalnya saya lakukan translate suatu situs berbahasa Inggris dengan Google Translate menggunakan Firefox dan  saya salin ke M. Office Word. Hasilnya, hasil pengkopian situs tadi ternyata bukan hanya bahasa hasil terjemahan saja tetapi bahasa aslinya juga tersertakan. Meskipun penampakan dari Google Terjemah hanya satu bahasa tapi setelah disalin di pengolah kata hasilnya menjadi dua bahasa (bahasa asli dan bahasa hasil terjemahan). Penyalinan ke Open Office Writer hasilnya tidak berbeda dengan di atas. Kedua tulisan bahasa asli dan hasil terjemahan tetap ditampilkan.

Percobaan menggunakan Google Chrome. Dari hasil terjemahan menggunakan mesin peramban Google Chrome dan disalin ke Microsoft Word maupun Open Office Writer hasilnya cukup memuaskan. Hanya benar-benar hasil terjemahan yang kita kehendaki yang tersalin. Bahasa aslinya tidak tersertakan. Dalam hal ini Chrome lebih unggul dibandingkan Firefox (Atau saya saja yang belum tahu caranya). Format tabel pun bisa tersalin dengan baik jika kita menterjemahkan situs dengan Google Terjemah menggunakan mesin peramban miliknya Google ini. Maklum mungkin semua sudah dibikin support antar tool.

Bagaimana dengan mesin peramban besutan Apple, Safari? Hasilnya sama dengan ketika kita menggunakan Google Chrome. Begitu disalin ke aplikasi pengolah kata, baik Word maupun Writer menghasilkan apa yang kita harapkan. Bagus juga.

logo operaEksperimen selanjutnya adalah menggunakan Opera. Hasil terjemahan dengan Google Terjemah dengan mesin peramban Opera menghasilkan salinan sudah satu bahasa saja tanpa disertakan bahasa aslinya. Sayangnya jika teks yang disalin berbentuk tabel maka tabel tersebut tepi (garis tabel) tidak ditampakan. Ini tentu mengurangi keakuratan hasil. Ini terjadi pada penyalinan pada microsoft word maupun open office wiriter.

Rekomendasi saya: Gunakan Google Chrome atau Safari jika ingin mengkopi hasil terjemahan suatu situs dengan Google Translate untuk disalin ke aplikasi pengolah kata. Atau jika saudara fanatik dengan firefox tunggu aja perkembangan firefox selanjutnya yang selalu akan diperbaiki. Mungkin kondisi waktu berikutnya akan berbeda untuk firefox maupun opera. Atau mungkin ada tips lain?

Selamat mencoba.