Tips Memanfaatkan Sumber Belajar Online

Fasilitas internet dengan bandwidth yang memadai, komputer dengan spesifikasi yang tinggi, saat ini semua itu sudah tersedia hampir di tiap sekolah. Bahkan di rumah-rumah atau warnet yang menjamur dan semakin terjangkau bisa dimanfaatkan untuk media mencari sumber belajar online. Para guru harus lebih kreatif untuk memanfaatkannya sebagai media pembelajaran. Jangan sampai guru kalah dengan muridnya. Kita semua tahu murid-murid sekarang kecepatannya belajar menggunakan internet luar biasa.

Sumber belajar online dengan menggunakan Bahasa Indonesia jumlahnya sangat terbatas. Tetapi yang berbahasa asing banyak sekali. Untuk bisa memanfaatkannya kalau memang kita sendiri belum sanggup membuatnya sendiri, maka kita harus memahami bahasa yang digunakannya itu. Bahasa asing bagi kebanyakan siswa maupun guru merupakan kendala utama dalam pemanfaatan sumber belajar online ini.

  • Manfaatkan Google Translate

Internet membuat peluang diperolehnya sumber belajar semakin luas. Hanya diperlukan sedikit tips agar bisa memanfaatkannya. Kebanyakan siswa atau bahkan guru terkendala soal bahasa. Sekarang dengan adanya alat bantu menterjemahkan ala Google Translate, masalah itu sedikit banyak bisa teratasi. Tentu saja hal ini sangat berguna untuk menambah wawasan baru sambil terus memperkaya diri dengan kosa kata baru dari bahasa asing.

Hasil pengalihbahasaan Google Translate jelas tidak sempurna dalam memberikan makna suatu kalimat. Namun kita sendiri bisa mengira maksudnya. Jika ingin menyalin hasil terjemahan dari google translate sebaiknya coba  Tips Mengkopi Hasil Terjemahan dari Google Translate“. Jadi kalau kita kesulitan mencari sumber belajar maka kita bisa memanfaatkan fasilitas seperti tersebut di atas.

  • Gunakan kamus yang smart

Terkait bahasa ada alternatif lain. Saya biasa menggunakan jasa “Stardict”. Aplikasi kamus ini sangat praktis. Kita tinggal tunjuk kata asing yang tidak kita tahu artinya maka secara pop-up kita disuguhi arti kata asing itu. Ini berlaku di manapun pointer-mouse kita berada, tinggal tunjuk saja. Termasuk saat kita menjelajah dunia maya, begitu ada kata asing langsung tunjuk menggunakan pointer mouse. Dulu untuk sekedar memasang kamus ini saya kesulitan, sekarang semua menjadi mudah berkat kebaikan hati para pengguna internet yang ikhlas berbagi pengetahuan.

  • Gunakan kata kunci yang tepat

Penggunaan kata kunci dalam pencarian sumber belajar online sangatlah menghemat waktu untuk mendapatkan apa yang kita cari. Untuk itu kita bisa memanfaatkan berbagai tips yang sudah tersedia di berbagai situs.

  • Manfaatkan “Bookmark” atau “Favorit” pada peramban (browser)

Ketika kita menemukan situs “bagus” yang dapat kita jadikan acuan sumber belajar sebaiknya dilakukan penyimpanan alamat situs tersebut. Istilahnya adalah di-bookmark atau tambahkan ke “favorit”. dengan begitu kita tidak perlu mencari-cari lagi, tinggal tuju menu bookmark atau favorite kita bisa mengunjungi situs tersebut.

  • Unduh seluruh isi situs

Jika suatu situs tidak terlalu besar total filenya (dikira-kira) maka kita bisa menyimpan situs tersebut secara utuh. Artinya kita bisa mendownload seluruh isi situs beserta tautan di dalamnya. selanjutnya kita bisa membukanya secara  offline (tidak perlu terhubung ke internet lagi). Cara mengunduh (men-download) seluruh isi situs salah satunya dengan menggunakan perangkat lunak HTTRACK. Hanya diperlukan sedikit trik agar kita tidak terlalu melebar dalam proses pengunduhan dan efisien waktu. Saya biasanya membatasi pengunduhan hanya pada tautan internal saja, untuk pranala luar saya jadi nol (tidak perlu diunduh).

  • Jangan putus asa dan bosan

Yah… Maju terus pantang mundur !!!