Cara Meng-install Plugin MDL Chime di Firefox

Terkait dengan tulisan software kimia gratis yang di dalamnya sedikit saya paparkan tentang Chime, maka saya perlu berbagi tentang bagaimana memasang plugin chime di firefox. MDL Chime atau sekarang dikenal dengan nama Symyx Chime merupakan software kimia yang gratis untuk bisa di-download dan digunakan. Chime merupakan plug-in untuk mesin peramban (browser semacam Internet Explorer, Mozila Firefox, Opera, Safari, Google Chrome) yang secara interaktif menampilkan molekul 2D (dua dimensi) dan 3D (tiga dimensi) langsung di halaman Web. Kita juga dapat memutar, memformat, dan menyimpan molekul untuk digunakan dalam program lain. Software ini digunakan untuk membuka situs-situs yang di dalamnya mengandung file dengan ekstensi pdb atau yang lainnya sehingga kita dapat mengontrol file gambar dengan ekstensi pdb secara penuh.   Sebelum download lakukan registrasi terlebih dahulu kemudian periksa email balasan hasil registrasi tersebut untuk mendapatkan kata kunci (password). Symyx Chime versi 2.6 SP8 berformat zip berukuran 3,9 MB. Tautan untuk download-nya ada di situs Symyx Chime dan Symyx Draw.

Update tanggal 22 Oktober 2012 Symyx Chime sudah tidak aktif, silahkan unduh dari Accelrys.com. Jika kesulitan langsung unduh dari sini saja.

Namun pada saat peng-installan-nya di Windows tidak bisa dilakukan secara otomatis. Meskipun pada saat penginstallan ada tawaran untuk pencarian browser yang ada di komputer kita atau ada pilihan untuk mengarahkannya pada direktori tertentu tapi hasilnya nihil, tidak berhasil. Langkah yang bisa ditempuh adalah dengan penginstallan pilihan Find web browser(s) via Windows Registry. Jadi untuk internet explorer ini akan terpasang secara otamatis begitu instalasi Chime selesai.

Cara memasang plug-in ini ke dalam Firefox ternyata tidak sulit.

Langkahnya:

Salin file npchime.dll (saja)

dari

      c:\Program Files\Internet Explorer\Plugins

ke

    c:\Program Files\Mozilla Firefox\plugins.

File yang lain tidak perlu turut disalin. Sudah begitu saja, untuk mengatifkannya agar bisa jalan plug-in Chime di Firefox lakukan restart Firefox kalau saat itu memang anda sedang menggunakannya.

Untuk menguji apakah plugin tersebut berfungsi dengan baik dapat mencoba di Chime Test Page. Oh yah kalau di Internet Explorer mesti mesti mengatifkan X-Controller terlebih dahulu.

Bagaimana installasi plugin MDL Chime untuk mesin peramban lainnya seperti Opera, Safari, Google Chrome? Silahkan klik di tautan PluginDoc:Windows ini.

Selamat mencoba.

2 responses

  1. kalau di Internet Explorer mesti mesti mengatifkan X-Controller terlebih dahulu. bagaimana cara mengaktifkan X-Controller