Kumpulan Software Kimia Gratis

Mulai hari ini (03 September 2010) pada blog ini akan disajikan berbagai perangkat lunak (software) khusus kimia yang gratis. Baik yang berbasis sistem operasi windows maupun linux.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran kimia.

  • JMol (Platform : Windows, Linux, Mac)
    Gambar Aplikasi Jmol dgn Java AppletJmol ini gartis, merupakan penampil strukutur molekul tiga dimensi (molecule viewer) yang dapat digukan secara bebas oleh siapapun yang menekuni bidang kimia dan biokimia. Aplikasi ini merupakan cross-platform, berjalan di sistem operasi Windows, Mac OS X, dan Linux / Unix. Fitur yang dimilikinya di antaranya membaca berbagai jenis file dan output dari program kimia kuantum, dan animasi file multi-frame. JmolApplet adalah applet web browser yang dapat diintegrasikan ke dalam halaman situs. Aplikasi Jmol adalah aplikasi Java standalone yang berjalan di desktop. JmolViewer merupakan seperangkat alat yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi Java lainnya.
  • ACD/ChemSketch Freeware (Platform : Windows, Linux)
    Chemsketch adalah software grafis untuk menggambar hal yang ada hubungannya dengan kimia . Bisa menggambar secara manual atau menggunakan templet yang disediakan. Klik dan gambar molekul, ion, stereobonds, teks, poligon, panah, serta perlengkapan laboratorium, dll termasuk menentukan secara otomatis massa suatu atom atau molekul. Kita juga dapat memperkirakan densitas, indeks bias, volume molar, dll.  Selain itu dari ACDLabs juga menawarkan beberapa download gratis untuk utilitas yang dapat dipergunakan dalam ChemSketch sehingga lebih powerfull.
  • Ikuti pembaharuan halaman ini untuk melihat berbagai software kimia gratis berikutnya di laman khusus ini.
Iklan

3 responses

  1. mau donk software gratisnya 🙂 gimana cara downloadnya?

  2. pak blog saya ganti dengan yang baru yi : chemistry35.blogspot.com karena blog lama kena hack, sebenarnya blog gak kena tapi emailnya tapi kok blognya juga gak bisa diedit, en tolong link blog kimia susilo tri atmojo (kimia jateng) diganti, terimaksih

    1. Ok, Pak siap. 🙂