Kimia 10.2 Sistem Periodik Unsur (Tabel Periodik)

Membahas sistem periodik unsur tidak lepas dari tabel periodik yang merupakan gambaran umum dari sifat periodik unsur itu sendiri. Mengetahui perkembangan tabel periodik hingga yang seperti kita gunakan ini tentu menjadi hal yang menarik. Dari situs http://www.ptable.com/?lang=id kita bisa mempelajari sifat-sifat periodik unsur karena setiap unsurnya diberikan deskripsi detail yang menuju tautan sumber di wikipedia.org. Beruntung karena dari situs table periodik yang interaktif ini sudah ada layanan yang berbahasa Indonesia. Selain itu kita juga bisa menjelajah lebih jauh terkait tabel periodik dengan menyenangkan di situs farmschoolathome.blogspot.com. Termasuk di dalamnya yang tentu sangat menarik karena disertai dengan berbagai gambar jelas berbagai contoh unsurnya ada di http://theodoregray.com/PeriodicTable/.

Perkembangan Sistem Periodik

Sifat Logam
Logam terletak di sisi kiri dan tengah-tengah tabel periodik. Grup IA dan Kelompok IIA (logam alkali) adalah logam yang paling aktif. Unsur-unsur transisi, kelompok IB untuk VIIIB, juga dianggap logam. Logam merupakan padatan mengkilap, pada suhu kamar (kecuali merkuri), dengan karakteristik titik leleh dan kerapatan yang tinggi. Banyak sifat logam, termasuk jari-jari atom besar, energi ionisasi yang rendah, dan elektronegativitas rendah, disebabkan oleh kenyataan bahwa elektron pada kulit valensi dari atom logam dapat dilepas dengan mudah. Salah satu karakteristik dari logam adalah kemampuan mereka untuk menjadi cacat tanpa melanggar. Sifat lunak adalah kemampuan dari logam yang dapat dipukul hingga berubah bentuk. Daktilitas adalah kemampuan dari logam yang akan ditarik membentuk kawat. Karena elektron valensi dapat bergerak bebas, logam merupakan konduktor panas dan konduktor listrik yang baik .
Sumber tulisan: http://chemistry.about.com/od/elementgroups/a/metals.htm

Referensi lain terkait tabel periodik juga bisa dilihat pada situs interaktif www.learner.org ini.

Sifat-sifat Sistem Periodik
Sifat keperiodikan unsur adalah sifat-sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur.
Tentang sifat-sifat periodik ini bisa di baca di sini.

Beberapa video terkait tabel periodik terutama logam-logam reaktif golongan alkali:
http://www.learner.org/vod/vod_window-cc.html?pid=799

Disaran membaca buku-buku referensi kimia lain seperti buku-buku kimia dari BSE (buku sekolah elektronik) untuk bisa memahami konsep dalam bab ini. Tautan-tautan dalam tulisan ini merupakan referensi tambahan untuk memperkaya wawasan yang di buku-buku berbahasa Indonesia tersebut tidak kita temukan.

Situs berbahasa Indonesia yang menyediakan slide prensentasi dapat diunduh dari PSB SMA bagian kimia. Untuk sistem periodik unsur ini ada di sini atau di sini.

Mau downlaod sistem periodik dengan format flash (animasi)?  Saya sudah ada 2, untuk memudahkan pengunduhan saya upload di ifile.it. Silahkan klik di sini untuk mengunduhnya (200 KB saja format rar, terdiri dari 2 file flash tabel periodik yg menarik).

Selamat menjelajah dan selamat belajar!!!

About these ads

6 gagasan untuk “Kimia 10.2 Sistem Periodik Unsur (Tabel Periodik)

Komentar ditutup.