Tips-Trik Menjelajah di Internet untuk Mendapatkan “Lebih Banyak”

Kegiatan browsing atau menjelajah situs-situs adalah pekerjaan yang sangat menarik. Mungkin saja kita akan mencari sesuatu namun secara tidak sengaja kita mendapatkan hal lain yang tidak kalah pentingnya. Tips dengan menggunakan bollean sudah umum. Berikut ini trik saya untuk mencari “lebih” dari suatu situs.

Misalnya saya akan mencari tayangan (slide) berupa file powerpoint tentang ikatan kimia. Maka secara umum saya juga lakukan pencarian menggunakan mesin pencari semacam Google itu dengan mengetikkan chemical bonding ppt. Ini adalah cara umum dan tentu saja kita akan dapatkan apa yang kita cari. padahal barangkali kita seandainya ditawari hal lain yang ada kaitan pencarian kita akan dengan senang hati untuk mengambilnya juga.

Nah terkait pencarian saya tentang ikatan kimia itu misalnya saya dapatkan tautan seperti ini – http://www.science.uwaterloo.ca/~cchieh/cact/c120/pp/9vbmo.ppt maka yang akan saya dapatkan adalah theories of bonding chemistry itu saja.

Coba saja salin tautan tersebut dengan menghapus tulisan yang ada di bagian akhir itu, sehingga menjadi http://www.science.uwaterloo.ca/~cchieh/cact/c120/pp/ ….dan trinnnnng… Saya mendapatkan hal lain yang tentunya menurut saya, itu saya perlukan. Kalau tidak perlu ya sudah tinggalkan saja atau cari hal lain yang menarik 🙂 .

Jadi selain yang saya cari tadi (presentasi tentang Chemical Bonding) saya juga mendapatkan file presentasi lain seperti tautan yang dalam kotak merah itu.

Kita tahu bahwa letak suatu file-file yang ada di internet itu juga diletakkan dalam direktori-direktori, yang jika oleh sang empunya boleh dibuka yah kita bisa melihat dan mengunduh isi situs itu. Dan ciri jika direktori yang ada tidak boleh untuk dijelajah maka akan muncul pesan begini:

Directory Listing Denied

This Virtual Directory does not allow contents to be listed.

Misalnya ini tadi saya dapat tautan:

http://www.oglethorpe.edu/faculty/~m_wolf/PowerPoint/CareyOrgPP/sections1st/Chapter%201ay.ppt

Kemudian saya coba hapus bagian akhir sehingga menjadi:

http://www.oglethorpe.edu/faculty/~m_wolf/PowerPoint/CareyOrgPP/sections1st/

Maka akan muncul pesan seperti di atas tadi.

Nah kalau muncul pesan Error demikian jangan putus asa. Hapus lagi bagian akhir tanda garis miring itu. Jika masih muncul pesan Directory Listing Denied coba hapus lagi satu bagian akhir, demikian sampai kita mendapatkan halaman yang boleh diakses. Jika sudah dapat halaman yang bisa diakses itu coba jelajah tautan(link) yang ada di halaman tersebut (sambil memainkan feeling anda) yang kira-kira mengarah ke direktori yang lebih dalam terkait dengan apa yang kita cari.

Pada contoh tadi saya bisa mengakses situs dengan alamat:

http://www.oglethorpe.edu/faculty/~m_wolf/

dan saya dapatkan situs dengan tampang seperti berikut:

Untuk selanjutnya silahkan jelajah link yang ada dalam halaman tersebut. Setelah itu saya lakukan saya mendapatkan bagian direktori yang berisi presentasi yang bersangkutan, yaitu pada tautan Academic Stuff itu.

Ok selanjutnya coba cari bagian manakah tautan file awal yang kita dapat tadi. Yang jelas ada di salah satu tautan yang ada di sana.

Demikianlah sedikit trik untuk bisa menjelajah direktori suatu situs sehingga kita bisa mendapatkan “sesuatu yang berharga”  yang tadinya tidak terpikirkan kita cari.

Selamat mencoba, selamat menjelajah, dan selamat idul fitri bagi kaum muslim dan muslimah, mohon maaf lahir bathin.

4 responses

  1. asik juga tuh bro…….

  2. Selamat berlebaran. Mohon maaf lahir dan batin.

  3. makasihh infox… ^^
    sangatt membantuuu…. ^^