Sumber Belajar Kimia SMA “Spesial” (Bagian 1)

Siapapun dapat dengan mudah mendapatkan bahan ajar atau hand out, terutama dari kampus-kampus besar di pelosok jagat. Asyiknya banyak yang dapat diakses bebas. Tidak seperti kampus-kampus di Indonesia yang kebanyakan “sedikit pelit untuk berbagi”. Oke-lah itu hak-nya. Bahkan pada perkuliahan kimia banyak tenaga pengajar di negeri ini yang memanfaatkan sumber-sumber untuk perkuliahannya dari kampus lain di luar negeri. Syah-syah saja memang. Banyak alasan mengapa kira-kira mereka melakukan hal demikian dan tidak membuat sendiri. Alasannya sibuk, yang paling parah mungkin ada juga tenaga pengajar yang “malas”, atau bahkan karena tidak mumpuni dalam mempersiapkan bahan perkuliahannya (Apa?!). Anehnya ada yang memakai alasan gak masuk akal mereka bertahan hanya dengan menggunakan plastik transparan yang lusuh (memakai OHP) yang entah jaman apa ia buat. Ada juga tenaga pengajar yang cerdas dan rajin menjelajah dan kreatif untuk memodifikasi tayangan bahan ajarnya. Nah ini sudah sedikit maju. Sekali lagi apapun itu syah-syah saja, asal tidak melanggar normal akademik.

Terkait tips-trik yang pernah saya tulis sebelumnya, saya sudah mem-bookmark beberapa situs yang menyediakan bahan ajar atau slide presentasi untuk pembelajaran atau perkuliahan kimia. Berikut ini anda bisa mengaksesnya dan menelusuri barangkali ada yang perlu.

  1. Michigan Technological University (MTU): Kimia dasar, kimia fisika, analisis instrumen, kimia organik, kimia bionaliti, kimia farmasi, kimia anorganik, kimia komputasi, pengantar polimer, kimia lingkungan, analisis kuantitatif.
  2. University of Waterloo Canada: Kimia dasar, presentasi meliputi bahasan Stoikiometri, Reaksi kimia dalam larutan, Gas, Termokimia, Udara, Elektron dalam atom, Sifat Atomik dan tabel periodik, Ikatan Kimia, Teori ikatan valensi dan orbital molekul.
  3. Theodore Roosevelt High School: Kimia organik
  4. Jurusan Kimia Grossmont College
  5. University of South Dakota: Berbagai animasi mekanisme reaksi kimia organik.
  6. Columbia University: Berbagai bahan pembelajaran kimia “lengkap” silahkan jelajah dengan menggunakan tips yang saya berikan di sini.
  7. Yale University: Beberapa slide dari Prof Victor S. Batista untuk kimia dasar, kimia kuantum, termodinamika dan metode statistika, mekanika kuantum.
  8. Raritan Valley Community College: Presentasi kimia dasar.
  9. St. Francis Xavier University: Kimia dasar.
  10. University of Washington: Pembelajaran kimia dasar.
  11. University of Delaware
  12. Monroe County Community School Corporation

Ok cukup sekian pada tulisan berikutnya akan saya buat untuk bagian kedua. Tunggu saja update blog ini.

Selamat menjelajah untuk memperkaya wawasan dari sisi dunia lain. Jangan lupa gunakan tips yang telah saya berikan bila mendapatkan tautan (link) sehingga anda bisa mendapat sesuatu yang lebih. Biar puas!!! 🙂

One response

  1. wow the 1.10 update of minecraft 4 will introduce many new items. Great