Kompilasi Tautan Kimia

Anda sedang mengkases internet bukan?! Dapat apa hari ini? Yang jelas anda dapat tautan tulisan sampah di postingan blog saya kali ini, 🙂 . Barusan saya iseng mengetikkan kata general chemistry wiley ppt quiz di Google. Surprise! Di halaman pertama dari pencarian Google, saya mendapatkan tautan berisi kompilasi tautan tentang kimia. Ah kimia gitu aja kok surprise. Ya iyalah, karena selama ini saya mencari berbagai tautan terkait mata pelajaran kimia yang saya ajarkan gitu loh!!!

Dalam blog ini saya berusaha sedang akan membuat kompilasi tautan (link) untuk setiap pokok bahasan kimia yang ada di sma. Harapan saya kelak saya tidak lagi sibuk untuk mencari-cari lagi bahan apa yang bisa disarankan kepada siswa saya. (wuih… sok guru banget, padahal?) 🙂 . Lihat saja di laman “Bahasan Kimia SMA” itu. Jadi itu semua sedang dalam proses melengkapi dan akan di perbaiki atau diperbaharui manakala mendapatkan sumber yang lebih bagus dan sesuai. Tautan yang tidak sesuai akan dihapus agar tidak memenuhi isi tulisan. Kalau anda mendapatkan tautan itu kurang bagus, silahkan tinggalkan komentar untuk perbaikan. Terimakasih sebelumnya 🙂 .

Ok cukup basa-basinya.

  • Chemistry Webercises Directory
    Ini adalah hasil kompilasi tautan oleh Steven L. Murov, seorang profesor kimia dari Modesto Junior College. Isi dari kompilasi dari situs ini luar biasa. Berbagai sumber situs kimia terpilih, sifat-sifat zat baik unsur maupun senyawa, kimia umum, kimia terapan, sejarah kimia (termasuk biografi dan gambar kimiawan), kimia organik (termasuk situs pemodelan molekul dan spektroskopi ), topik khusus kimia dari masyarakat, direktori kimia, sumber pengajaran kimia berupa latihan, demo, permainan kata-kata, dan lain-lain.
    Jika kita mau merujuk ke situs sang profesor itu sendiri kita semakin dirahkan ke detail terkait bahasan kimia lebih lanjut dan menarik. Menurut saya cukup komplit dari situs Dr. Murov ini. Jadi tetap fokus dengan apa yang anda cari, kalau tidak maka anda akan “terseret semakin jauh” dalam dunia kimia.
  • Intute
    Dengan slogan helping you find the best websites for study and research, kita benar-benar diberikan apa yang kita cari terkait berbagai bahan belajar yang kita perlukan. Dari hasil pencariannya kita diarahkan kepada situs-situs yang tepat. Dari hasil pencariannya juga diberikan uraian singkat terhadap situs hasil pencariannya. Semakin manja saja kita mencari bahan belajar dan mengajar dengan memanfaatkan situs intute.ac.uk. Pokoknya mantap!!!
  • Introductory chemistry at CFCC
    Berisi kompilasi berbagai tautan terkait kimia dasar dengan pokok bahasan sebagaimana buku-buku kimia universitas, namun tentu saja banyak bagian yang bisa kita adopsi untuk pengajaran kimia di sma.

Ok, kalau diteruskan semakin banyak dan yang ada saja itu buanyak, cukup deh! Tapi kalau mau jelajah saja kemudian silahkan bookmark dan kita bisa berbagi lewat tulisan. Semoga sumber belajar kimia semakin mudah kita dapati.

Selamat menjelajah!!!

