Aktivitas Hari Ini #20-09-2010

Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah setelah libur Idul Fitri. Semua siswa masuk sekolah mulai pagi hari, beda dengan kegiatan sekitar 2 bulan lalu ada yg masuk siang hari, gara-gara rehab gedung sekolah  sebanyak 6 lokal. Alhamdulillah sekarang selesai dan siap digunakan meskipun kondisinya tak seperti yang dibayangkan. Biasalah proyek pemerintah, sepertinya banyak dana menguap di tengah pelaksanaan proyek.

Pagi sampai di sekolah, seperti biasa hari Senin upacara bendera, rutin. Pembelajaran hari ini ditiadakan untuk kegiatan beres-beres kelas dan pembagian kelas. Belum semua teman guru hadir, ada yang ijin karena operasi mata (semoga lekas sembuh) dan ada 7 orang yang ikut PLPG. Yang terakhir inilah yang membuat pembelajaran tidak lagi kondusif, banyak kelas kosong, tanpa guru. Yang lain jelas tidak bisa menangani secara total. Hari ini juga ada sidak (inspeksi mendadak) dari pihak berwenang terkait kehadiran pegawai. Yah semoga saja semua bisa berjalan normal.

Satu hal lagi yang membuat tidak nyaman, jumlah siswa yang melebihi batas kemampuan kelas. Akhirnya perpustakaan dan lab IPA dipakai ruang belajar. Duh…Bagaimana proses pembelajaran bisa lebih bagus?!

Tapi oke-lah yang penting mengajar dengan sepenuh hati, sesuai kemampuan dan daya upaya. Tetap pada komitmen untuk selalu tepat waktu. Bukannya apa-apa, kalau siswa saja dituntut untuk disiplin maka sang guru harus lebih baik.

Hari ini untung tidak ada jam mengajar, jadi jam mengajar-ku tidak hilang gara-gara fakultatif. Tadi memberikan informasi kepada kepala madrasah dan juga rekan guru yang lain tentang pemilihan guru dan kepala madarasah yang kreatif+inovatif. Siapa tahu saja ada yang berminat untuk mengikutinya. Setidaknya saya sudah menyampaikan berita dari kemenag sebagai lebaga tertinggi tempat madrasah bernaung.

Setelah menemani siswa membereskan perabot kelas dan perpustakaan termasuk menumpuk buku karena sebelumnya gedung di rehab, yah biasa nangkring di lab komputer, utak-atik blog, menjelajah beberapa situs untuk menambah informasi. Menjelajah tentang bagaimana menumbuhkan kreativitas diri terutama sebagai guru. Guru kimia dan TIK gadungan. Saya baca artikel menarik  Tips for How to Develop Creativity: Yes, You Can. Saya susuri lagi pranala lain, semakin menarik. Yah sudah saya cetak format pdf saja biar sewaktu-waktu bisa disimak lagi.

Ada satu hal yang menarik hari ini bagi saya. Saya janji Insya Allah akan rutin membuat catatan aktivitas harian di blog ini. Tentang apa saja yang saya kerjakan selama beraktivitas di sekolah.

Sebelum pulang menjemput anak sekolah, sempat membuat beberapa komentar di web elearning. Jengkel juga adminnya jarang menanggapi pertanyaan yang pengunjung ajukan. Akhirnya ada ide untuk membuat grup diskusi sendiri. Saya putuskan untuk membuat grup diskusi di group yahoo. Terbersit begitu saja memberi nama grup itu “Guru Blogger & Pecinta e-Learning”. Sampai sekarang sudah beberapa rekan yang sudah bergabung. Saya yakin ini akan ramai, kumpulan guru yang mau berbagi soal blog dan e-learning. Untuk antisipasi maka saya ajak rekan saya bergabung dan menjadi moderator grup diskusi tersebut. Semoga menjadi media belajar bersama untuk guru yang hobi ngeblog dan membuat media pembelajaran.

Sambil mengerjakan hal tersebut “disambi” (sambil lalu) mengekspor postingan dari wordpress untuk siap di dimpor ke blog detik. Teknik mengekspornya adalah diambil pertahun secara berurutan. Kalau dilakukan ekspor keseluruhan setelah saya coba selalu gagal untuk mengimpornya. Ini adalah usaha saya manakala blog yang di wordpress.com bermasalah (semoga saja tidak) saya sudah ada backup-nya. Meskipun saya juga sudah berusaha undtuk mendownloadnya dengan httrack agar bisa disimpan secara luring (luar jaringan = offline). Belum selesai semuanya, baru berhasil mengimpornya untuk tahun 2010 saja. Besok akan dilanjut.

Terakhir yah menulis jurnal ini dan diunggah…