Penggunaan Peristilahan Komputer dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia

Tergelitik juga setelah menggunakan beberapa kata padanan asing  yang sering saya pakai untuk menulis di blog ini. Terutama yang ada kaitannya dengan dunia perkomputeran dan internet. Orang Indonesia harus bangga dengan bahasa-nya sendiri. Semoga pada tulisan berikutnya sudah dapat menggunakan peristilahan tersebut dengan tepat dan membuat diri terbiasa.

Terus terang ini terinspirasi ketika mengikuti fesitival e-pendidikan dari pustekkom yang salah satu kriterianya harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Meskipun sudah 3 tahunan menulis di blog tapi selama ini saya kurang perduli, karena belum terbiasa dengan istilah yang diidonesiakan itu. Kuwatir juga pembaca akan kebingunan dalam memahami maksud tulisan di blog ini.

Mengedit semua istilah dalam blog ini sudah terasa berat dan perlu ketelitian dan waktu esktra. Maka saya putuskan sejak tulisan ini saya coba untuk konsisten menggunakan istilah baku tersebut. Jangan kuwatir akan saya sertikan dalam tanda kurung padanannya pada saat pertama kali istilah itu saya gunakan dalam tulisan-tulisan saya nanti.

Dengan niat untuk bisa memberikan pembelajaran dan pembiasaan diri maka dalam blog ini saya salin-rekat-kan peristilahan tersebut dalam halaman Istilah Baku Komputer. Semoga siapapun pengguna bahasa Indonesia terutama anak negeri mau perduli bahasanya sendiri.

Majulah bangsaku!!!