Aktivitas Hari Ini #23-09-2010

Datang pagi hari tepat pukul 06.30 setelah mengantar anak sekolah, masih ada waktu untuk persiapan mengajar dan mengecek email, blog, dan memulai menulis untuk tulisan ini. Hari ini sempat menyelesaikan tulisan Optimalisasi Penggunaan Kalzium dalam Pembelajaran Kimia #3/

Selanjutnya mengajar untuk kelas 12 IPA pelajaran kimia, sel elektrokimia. Selesai juga waktu 2 x 45 menit dan tidak terasa. Penjelasan prinsip-prinsip dasar untuk memahami konsep, aturan, dan trik untuk mengingat aturan dalam sub pokok bahasan elektrokimia agar gampang. Gak banyak ba-bi-bu, saya berikut uraian singkat tentang prinsip elektroda positif (+) dan elektroda negatif (-), terjadi apa, bagaimana elektron mengalir, yang mana elektroda positif dan negatif, hingga notasi sel untuk reaksi kimia pada elektrokimia.

Setiap bahasan kadang membuat siswa geeeer. Entahlah selalu saja saya bisa mengaitkan materi pembelajaran dengan analogi-analogi dalam kehidupan nyata dan mengaitkannya dengan ajaran Islam. Padahal kalau diminta menuliskannya saya sering kering ide, tapi begitu di depan kelas ide itu meluncur begitu saja. Ingin suatu saat merekam bagaimana spontanitas saya memasukkan analogi dan mengaitkan ajaran Islam ke dalam pengajaran kimia saya rekam untuk keperluan saya bisa memperbaikin mengajar saya. Menurut pengakuan siswa dan beberapa orang yang pernah saya mengajar, saya mengajar terlalu cepat. Untuk koreksi itulah maka ada keinginan membeli alat rekam agar saya bisa evaluasi diri.

Selanjutnya membuka surat elektronik (surel/email) di yahoo, untuk membuka kiriman file dari rekan saya yang satu ini. Itu adalah file untuk mengajukan nama domain dan daftar hostingan untuk web sekolah yang lama gak segera terwujud. Setelah mendapatkan persetujuan dan surat kuasa langsung scan berkas terus dikirim kembali ke rekan saya tadi. Semoga semua lancar dan bisa terealisasi. Itu adalah tanggung jawab moral saya selaku guru TIK. Maklum sekali bahwa madrasah tempat saya mengajar belum memiliki tenaga tata usaha yang cukup. Mesti gotong royong.

Datang teman saya, kemudian saya infokan bahwa rencana domain sekolah memakai sch.id. Rupanya teman saya itu gak begitu setuju dengan domain itu. Alasannya kepanjangan. Saya bilang bahwa aturan main (kalau mau ikut sih) untuk sekolah sebaiknya menggunakan domain sch.id. Mungkin hal itu buat teman saya asing. Sebab dia jarang mendengar domain sch.id. Usulnya dot com saja, sekolah kan bukan lembaga komersial imbuh saya.

Pukul 13-an saya mesti beranjak pulang, sekalian jemput anak. Ngojek lagi… tapi enjoy aja!