Optimalisasi Penggunaan Kalzium dalam Pembelajaran Kimia (#3)

Kalkulator Molekuler Kalzium (The Kalzium Molecular Calculator)

Kalkulator molekuler Kalzium merupakan salah satu fitur alat (tool) yang ada pada Kazium. Sangat sesuai digunakan untuk teman belajar bagi siswa untuk mengecek ulang hasil kerjanya sehingga diperoleh jawaban yang tepat selama berlatih mengerjakan soal.

Kalkulator ini memiliki fungsi untuk melakukan perhitungan dengan berbagai tugas, di antaranya penghitung massa molekuler (Molecular Mass Calculator), penghitung konsentrasi (Concentrasions Calculator), penghitung yang ada kaitannya dengan inti atom (Nuclear Calculator), penghitung gas (Gas Calculator). Sementara ini penyeimbang perasamaan reaksi (Equation Balancer) diletakkan pada tool yang berbeda.

Penghitung massa molekuler
Penghitung ini membantu kita untuk melakukan perhitungan massa molekul dari molekul yang berbeda-beda, tinggal memasukkan rumus molekulnya maka kita akan mendapatkan detail dari masing-masing unsur jumlah atomnya, massa atom total, prosentasenya dalam molekul tersebut. Untuk memudahkan perhitungan ada menu alias yang digunakan untuk penyandian molekul senyawa tertentu. Hal ini nantinya akan mempercepat proses perhitungan,namun jika kita tidak hafal pengkodeannya maka jumstru menjadi lama.

Penghitung konsentrasi
Kita dapat mengimput kuantitas zat terlarut dan zat pelarut dengan berbagai satuan, massa ekuivalen, massa molar zat terlarut, massa molar zat pelarut. Konsentrasi larutan dapat ditentukan dengan berbagai satuan konsentrasi yang ada di antaranya molar, molal, normal, % volume, % massa, % mol). Jika diperlukan juga disediakan satuan kerapatan, baik kerapatan zat pelarut maupun zat terlarut dengan berbagai satuan kerapatan.
Dengan memanfaatkan basis data pada tabel periodik semua bisa dimanfaatkan dalam proses kalkulasi ini.

Penghitung Nuklir (Inti)
Kalkulator ini dibuat dengan menggunakan data inti yang tersedia dalam Kalzium untuk memprediksi massa perkiraan dari suatu material setelah sekian waktu. Input data nama unsur, massa isotop, serta waktu paronya. Waktu paruh adalah waktu yang diperlukan oleh unsur radioaktif untuk mengalami peluruhan sampai menjadi setengah kali massa atau aktivitas semula. Dengan penghitung ini kita dapat memainkan rumus Nt = No(0,5) pangkat (waktu peluruhan (T)/waktu paro (t1/2)). Jadi jika beberapa data diketahui maka dengan mudah kita mengetahui data yang ditanyakan.

Penghitung Gas
Alat hitung ini dapat menghitung nilai temperatur, tekanan, volum, jumlah gas dan sebagainya seperti layaknya gas ideal. Seperti pada alat hitung kalkulator di atas di sini juga disediakan berbagai satuan yang biasa digunakan dalam perhitungan gas.

Pokok bahasan yang bisa memanfaatkan kalkulator molekuler dari Kalzium ini antara lain:

Selamat mencoba!!!

Iklan

6 responses

  1. Weh…
    Ulasannya tentang Kimia komplit sekali…
    Semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan Indonesia…
    Salam!!

    1. Makasih kang Mar atas kunjungan baliknya. Hanya sedikit yg kutahu, kutulis kembali, dengan harapan pengguna TIK pendidikan semakin mencintai OSS

  2. kelihatannya bagus, tapi softwarenya ada ngak pak ?

    1. software tersedia pak di repository ubuntu atau distro linux lainnya. Untuk sistem operasi windows sy belum menjumpainya. Jadi mesti menggunakan linux, atau di windows menggunakan virtual mechine. Terimakasih.

  3. Luar Biasa pak Urip jangan bosan berkarya ya untuk kemajuan ilmu dan teman-teman. Ya hitung2 ini amal yang tidak akan terputus. Biar kami kebagian juga. Terima kasih.

    1. Yah pak biasa di luar hehehe. Terimakasih atas dukungannya. Semoga membawa manfaat untuk pihak yang memerlukan.