Chemistry Add-ins untuk Microsoft Word

Menggunakan kata “tertambah” untuk padanan kata add-ins, masih asing dan terasa kurang nyaman dirasa. Namun saya masih ragu untuk memadankan kata Chemistry Add-ins ini, apakah akan menjadi kimia tertambah atau tertambah kimia. Karena dilanda keraguan maka tetap saja saya gunakan istilah aslinya. Oke-lah, ibarat makanan, beda rasa di lidah, setelah melewati tenggorakan tidak lagi berasa.

Baru saja saya menjumpai aplikasi kimia yang “tertambah” dalam program pengolah kata Microsoft Word (Chemistry Add-ins for Word). Untuk menyingkat penulisan Microsoft Word saya gunakan Word saja. Dengan adanya add-in ini tentu merupakan kemudahan baru untuk semua pihak yang berkecimpung dalam dunia tulis menulis kimia, termasuk guru yang mengajar kimia dan ingin menambahkan hal yang ada hubungannya dengan kimia. Sayang hanya baru dapat ditambahkan ke dalam Word 2007 dan Word 2010 dengan sistem operasi minimal Windows XP SP3.

Apa saja kehebatan yang dimiliki aplikasi “tertambah” ini?

Chemistry Add-ins untuk Word ini membuat lebih mudah untuk memasukkan dan mengubah berbagai informasi kimia, seperti label, rumus, dan penggambaran 2-D (dua dimensi), dalam Word. Selain itu, program “kecil” ini memungkinkan penciptaan inline “chemical zones”,  rendering penggambaran visual siap cetak untuk struktur kimia, dan kemampuan untuk menyimpan dan menampilkan informasi kimia secara semantis.

Gambar 1. Chemistry tab

Gambar 2. Kotak dialog Edit Labels.

Gambar 3. Galeri Kimia

Gambar 4. Editor 2D

Dengan menggunakan Chemical Markup Language (CML) -sebuah XML untuk kimia- Chemistry Add-in untuk Word ini memungkinkan tidak hanya untuk konten penulis kimia dalam Word 2007 dan 2010, tetapi juga untuk menyertakan data balik struktur. Chemistry Add-in dan CML membantu membuat dokumen kimia terbuka, mudah dibaca, dan mudah diakses manusia serta teknologi lainnya. Chemistry Add-in mendukung penerbitan dan skenario data mining untuk penulis, pembaca, penerbit, dan lain-lain di seluruh masyarakat informasi kimia.

Cara pemasangan Chemistry Add-in juga ada di sini. Kalau pada saat pemasangan ada permintaan untuk menambah sutau file dari web microsoft biasanya ikuti saja atau memakai yang ada di tautan ini. Perlu juga diketahui semua akan berjalan jika di Windows yang dipakai sudah terpasang dot NET  Framework 3.5 Sp1. Kalau belum punya silahkan unduh dari tautan ini (maaf ukurannya cukup besar 231 MB).

Sumber tulisan: http://research.microsoft.com/

*****Terkait tulisan ini juga ada add ins “chemistry formatter” yang pernah dibahas di blog ini. ******

Iklan