Aktivitas Hari Ini #25-09-2010

Hari Sabtu sesuai jadwal mengajar saya mengajar TIK kelas 12 IPA. Seperti biasa kalau saya mengajar di kelas ini selalu syaa sisipkan bagaimana memanfaatkan media internet untuk belajar kimia, karena saya juga mengajarkan kimia di kelas ini. Materi sesungguhnya adalah belajar menggunakan program pengolah gambar. Sedianya saya menggunakan Inkscape dan Gimp, tetapi karena lingkungan sekitar hanya menggunakan Photoshop dan Corel Draw, maka terpaksa diperkenalkan keduanya. Yang jelas kedua perangkat lunak pengolah gambar itu memiliki banyak persamaan dan fungsi pada alat-alat yang tersedia.

Hari ini juga menyelesaikan tulisan Ekstensi OOChem di OpenOffice.Org untuk Penyisipan Rumus Kimia dan Supporter Penahan “Birahi” .

Tulisan pertama tercetus begitu saja seperti yang saya tuliskan pada “Aktivitas Hari Ini #24-09-2010”. Tentu saja saya telah mencobanya terlebih dahulu sebelum menuliskannya. Tulisan kedua saya tulis karena sebelumnya terjadi pembicaan menarik dengan pak Dedi Dwitagama. Dia adalah rekan saya yang narablog, kepala sekolah, trainner, dan motivator. Karena begitu pentingnya bagi saya akhir percakapan itu saya tuliskan. Dengan pak Dedi yang tahun 2008 sama-sama mendapatkan anugerah E-Learning Award dari Pustekkom Diknas untuk kategori blog edukatif sekolah, saya ngobrol ringan namun sangat berharga agar kita semua bisa mengendalikan “birahi” dalam melakukan onani otak lewat blog. Harapannya tentu kita bisa lebih dewasa dan lebih bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Begitulah…

