Aktivitas Hari Ini #27-09-2010

Asyik juga tidak ada jam mengajar setiap hari Senin. Aktivitas seperti biasa ngendon di laboratorium komputer yang adem dan bersih, beda jauh dengan ruang guru yang panas dan “agak kotor”. Yang jelas memanfaatkan fasilitas untuk belajar lebih banyak dari pengalaman orang di jagad maya. Beda kalau berlama-lama di ruang guru, kadang hanya membicarakan hal yang gak “penting-penting amat”. Saya heran dengan rekan guru, ada fasilitas enggan memanfaatkan, padahal diberikan kesempatan dan keleluasaan selama tidak mengajar bisa memanfaatkan akses internet. Tapi siapa yang mau maksa, enakan sendirian hehehe, bandwidth gak dibagi.  Tidak jarang pada setiap kesempatan sering dimotivasi, tapi tetap aja mereka kurang tertarik.

Karena waktu yang sangat longgar (mengajar hanya 12 jam pelajaran selama seminggu) maka saya pun benar-benar banyak waktu untuk mencari tahu banyak hal dari internet. Yah meskipun kadang mata menjadi lelah. Tapi enjoy aja. Kalau berdiskusi dengan sejawat secara luring kadang malah tidak asyik. Berdiskusi rekan sejawat yang jauh secara luring malah asyik. Apa benar bahwa hubungan di dunia maya lebih ikhlas. Yang jelas tidak ada rasa sungkan, dan tanpa konflik kepentingan.

Hari ini dapat dua tulisan, yah menyelesaikan draft yang cukup lama terbengkalai. Selanjutnya membuat draft baru untuk diselesaikan entah kapan. Begitu ada ide untuk menulis yah tulis saja. Kapan-kapan dilanjut kalau memang masih minat melanjutkan. Ngeblog memang membawa kenikmatan tersendiri. Sedikit dapat informasi berharga terutama yang ada kaitannya dengan pengajaran kimia, langsung saja coba dan coba lagi selanjutnya kalau sudah yakin itu layak maka tinggal menceritakan di blog. Jadi dengan aktivitas blog kita bisa mengaktifkan pikiran kita dan mengkritisi apa yang kita baca. Bandingkan kalau kita sekedar ngobrol dengan rekan yang kadang sering jauh dari aktivitas kita jadi guru. Mencari teman secara luring memang lebih sulit. Kadang orang selalu pilih-pilih teman, tapi biarlah, dengan daring toh masih banyak dijumpai rekan seprofesi yang justru lebih bagus, lebih berpengalaman dalam hal pengajaran atau hal lain. Kalau kurang gaul secara nyata kita bisa gaul secara maya… tapi nyata juga.

Kreativitas bisa diciptakan di manapun, secara luring maupun daring. Anda mau pilih mana?

Penjelajahan demi penjelajahan kita lakukan mencari hal baru, baru karena kita sebelumnya belum tahu atau belum mengalami. Seperti yang saya senangi adalah mencari dan mencoba aplikasi kimia, baik yang berplatform windows atau pun linux.

Hari ini juga sempat utak-atik pembuatan website dengan domain gratis, dan webhosting gratis juga. Lama sudah tidak utak-atik hal begituan. Dulu pernah memakai hal semacam itu, tapi gak tamat, sudah keburu penyakit malasnya kambuh. Rencana kalau bisa lebih bagus dari wordpress.com ini akan diimpor semua isi postingan blog ini ke sana. Lagi menunggu konfirmasi dari pak admin baru bisa obrak-abrik skrip html, css, java-nya sekalian.

Apa lagi yang saya dapatkan hari ini? Oh yah informasi dari kepala madrasah soal rencana instansi saya mendapatkan bangunan pagar lingkungan sekolah. Karena beliau baru pulang untuk rapat tentang klarifikasi apa gitu di kanwil kemenag propinsi. Yang diperlukan madrasah ini adalah perlunya penambahan gedung (ruang belajar) sebanyak 4 kelas. Tapi tanpa di minta kata-nya malah dapat pembangunan pagar padahal selama ini semua aman-aman saja, toh yang akan dipagar adalah lokasi yang berbatasan dengan hutan. Jadi belum mendesak. Sementara lingkung yang dekat dengan gedung sekolah sudah berpagar. Inilah proyek pemerintah, sering memberi apa yang tidak kita perlukan, yang kita perlukan tidak dituruti. Seperti juga keperluan akan guru pelajaran tertentu yang diperlukan tidak ada formasi, yang sudah berlebih ditambah terus.

Sampai kapan sistem pengadaan gedung/tenaga instutusi ini akan berubah? Apakah memang kebanyakan instansi pemerintah tidak pernah memanfaatkan hasil analisis kebutuhan?

Iklan