Kemudahan Ditawarkan, Kreativitas Ditantang

Huuuh… Megap-megap rasanya mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran yang ditawarkan di internet. Sepertinya kita (tepatnya saya sendiri sih) terseok-seok untuk mengejar kecepatan kemajuan teknologi pendidikan dengan luar sana. Saya baru memperhatikan layanan wikispaces dan glog. Layanan seperti itu di negeri sendiri belum begitu banyak, mungkin ini karena kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia) yang rendah namun sedang beranjak tumbuh dan SDB (Sumber Daya Bandwidth)  terasa mahal yang hanya bisa dinikmati dengan enaknya oleh pihak yang berlimpah dana saja.

Dua layanan yang sedikit saya ulik namun belum begitu paham trik penggunaannya, yaitu wikispaces.com dan glogster.com.

Wikispaces.com merupakan situs penyedia layanan hosting yang banyak sekali diminati para pendidik, terutama guru untuk memberikan layanan online buat siswa-nya. Diklaim bahwa sudah 364.000 wikis untuk media pembelajaran guru layaknya ruang kelas online. Wikis adalah istilah  pengguna yang memanfaatkan layanan wikispaces.com. Bagi kita yang ingin mencoba silahkan daftar terlebih dahulu, ada pilihan paket yang berbayar atau yang gratis. Saya lebih suka memakai yang gratis, anda juga kan?!

Beberapa pengguna wikisapces.com yang ada hubungannya dengan pengajaran kimia:

Glogster.com merupakansitus yang memberikan layan untuk membuat glog. Glog adalah semacam poster – sepenuhnya kita dapat merancang poster sendiri! Glog bisa diisi apa saja, bisa teks, musik, gambar, bahkan video.  Di sinilah kreativitas kita sebagai guru ditantang. Kalau mau tahu contoh-contoh poster miliki guru lain silahkan menyusuri situs tersebut.  Dengan glog ini memberikan Anda sebuah alat yang sempurna untuk mengekspresikan diri.

Mari kita coba!

2 responses

  1. info baru…ke TKP dulu pak!

    1. ke TKP jangan lupa bawa KTP 😀