Mengubah Berkas Djvu, Tidak Perlu Lagi!

Mencermati jumlah pengunjung yang mengakses tulisan mengubah berkas (file) djvu di blog ini saya ingin menulis postingan ini.

Yah benar, sesuai dengan judul tulisan ini, saat ini sudah tidak perlu lagi mengubah  format berkas djvu menjadi format  berkas pdf. Mengapa? Karena sudah banyak aplikasi gratis (freeware) yang bisa digunakan untuk membaca  berkas djvu itu.  Lagian hasil konversi dari djvu menjadi pdf menghasilkan ukuran berkas yang jauh lebih besar. Djvu sangat hemat dari segi ukuran, namun tetap kualitasnya bagus untuk dilihat. Bahkan kalau perlu dan lebih aman file dengan format lain kita ubah menjadi djvu.

Mengubah file tipe lain menjadi Djvu secara online pun sudah tersedia di sini. Kalau berupa software standlone bisa mencoba menggunakan aplikasi Djvu Printer Pilot. Dapat diunduh dari sini. DjVu Printer Pilot adalah aplikasi printer  virtual yang  menkonversi dokumen ke format berkas djvu.  Untuk membuat  sebuah berkas DjVu, kita harus “mencetak” dokumen  dengan   “DjVu Printer Pilot” yang merupakan printer virtual tadi dari  aplikasi lain yang mendukung untuk pencetakan . Kemudian memilih perintah “Export to DJVU” dalam jendela program DjVu Printer Pilot. Nantinya anda kan ditawari untuk membuka berkas hasil konversi itu dengan WinDjView. Gampang kan?! Kalau belum punya boleh mengunduhnya dari sini.

Kalau anda beralasan agar berkas bisa dibaca di telepon genggam, dengan sistem operasi Symbian yang biasa dipakai di telepon genggam itu pun sudah ada aplikasi untuk membuka djvu tadi. Sistem operasi lain juga sudah tersedia lengkap di situs ini.

Selebihnya, suka-suka anda deh 🙂 .