Pemanfaatan Java Applet untuk Pembelajaran Kimia

Java applet adalah sebuah program kecil yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, yang diakses melalui halaman Web dan dapat diunduh ke dalam mesin klien yang kemudian menjalankannya di dalam jendela penjelajah web. Java applet dapat secara dinamis menambahkan beberapa fungsi kepada halaman-halaman Web yang bersifat statis. Akan tetapi, untuk menjalankannya sebuah komputer harus memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan Java. Sumber id.wikipedia.org.

Untuk dapat membuat sebuah simulasi atau pun media visuaslisasi interaktif yang bisa digunakan dalam pengajaran kimia tentu bukanlah pekerjaan mudah jika kita tidak menguasai sebuah bahasa pemrograman. Diperlukan ketekunan, ketelatenan, dan pantang menyerah untuk dapat menghasilkan sebuah karya. Suatu nilai lebih bagi seorang guru kimia jika menguasai dan dapat memanfaatkan bahasa pemrograman. Kalaupun ada jumlahnya tidak banyak. Mayoritas hanyalah sebagai pengguna dari hasil-hasil karya mereka yang kreatif. Itupun jumlahnya juga belum banyak. Banyak keterbatasan yang menyebabkan hal itu, terutama fasilitas akses internet, kemauan untuk mencoba, kemampuan untuk memanfaatkannya sendiri.

Ok kembali pada inti bahasan tulisan ini. Java applet yang dapat dimanfaatkan dalam pengajaran kimia sudah cukup banyak tersedia. Jika kita bisa juga syah-syah saja memodivikasinya untuk keperluan kita sendiri. Karena umumnya Java applet ini ada dinternet dan hanya bisa diakses dengan penjelajah web, maka kita juga mesti bisa mengakalinya.

Bagaimana caranya?

Untuk bisa menyisipkan java applet ke dalam tayangan powerpoint tidak sulit, caranya bisa dibaca dan diikuti dari pranala ini.

Koleksi java applet untuk kimia bisa dilihat dari web 1001science.com ini. Di web treefrog.fullerton.edu juga tersedia. Perlu diingat mesin penjelajah anda mesti dilengkapi dengan aplikasi (plugin) shockwave player dan juga java runtime. Kurang banyak juga silahkan menelusurinya dari educipedia.karadimov.info selain itu dari www.chm.davidson.edu juga boleh. Jauh lebih lengkap kalau anda mau menelusuri dari google.com 😀 .

Selamat menjelajah, selamat mencoba.

Tulisan terkait dengan bahasan ini:

Insert File Flash dan PDB ke Dalam Powerpoint

Iklan

2 responses

  1. VERY GOOD MR. URIP. THANKS