Aktivitas Hari Ini #30-09-2010

Hari ini, mengajar kimia kelas 12 IPA. Bahasannya masih di potensial elektrode dan potensial sel. Saya menikmati sekali. Sambil mencermati beberapa buku yang memakai istilah “pendesak”, “mendesak”. Ini terkait bahasan deret Volta. Unsur yang berada di sebelah kirinya unsur lain dapat “mendesak” yang ada di sebelah kanannya. Agak menyesatkan. Isitilah ini, terkesan ada yang berdesakan. Apakah benar berdesakan?

Semua unsur yang berada di sebelah kiri Hidrogen harga Eo potensial reduksi standar-nya bernilai negatif dan yang disebelah kanannya bernilai positif. Unsur yang berada di sebelah kiri mampu merebut pasangan anion unsur yang ada di sebelah kanannya. Analogi cukup bagus untuk menjelaskan konsep ini. Suatu ketika dengan analogi cakep dan gak cakep, seperti cowok-cewek, unsur yang di kiri lebih cakep dibandingkan yang di sebelah kanannya, sehingga terjadi perebutan pasangan.

Banyak soal yang kadang membuat siswa ragu, rancu, bimbang dalam menyelesaikan soal-soal terkait potensial elektroda standar. Mana yang bertindak sebagai katoda, mana yang bertindak sebagai anoda, mana yang mengalami reduksi, mana yang mengalami oksidasi, mana yang bertindak sebagai reduktor mana yang bertindak sebagai oksidator, mana elektroda positif mana elektroda negatif. Kemudian masalah penyetaraan jumlah elektron, mereka terbiasa dalam penyelesaian soal matematika dalam bahasan persamaan garis yang semuanya variabel (komponen) turut dikalikan. Padahal dalam hitungan ini Eo tidak turut diubah, hanya menyesuaikan nilainya positif atau negatif.

Kadang siswa lupa bahwa bahasan potensial elektroda ini masuk dalam ranah sel Volta. Oleh karena itu visualisasi bahasan ini perlu banget.

Setelah mengajar, biasa bercengkrama dengan tombol ketik dan memandangi layar datar yang selalu menyuguhkan informasi penting (penting bagi saya). Hari ini menyelesaikan tulisan Eksperimen Kimia secara Virtual. Masih ada beberapa draft tulisan yang belum terselesaikan. Lumayan banyak 56 tulisan hehehe. Kebiasaan manakala ide muncul langsung tulis entah selesai atau tidak. yah sambil nunggu hasil percobaan kalau itu terkait dengan penulisan tutorial.

Selamat beraktivitas.