Aktivitas Kemarin #6, 7, 8 Oktober 2010

Tiga hari ada yang menyedot perhatian, padahal gak penting-penting amat. Selain mengajar rutin, berselancar rutin, juga menyiapkan presentasi kecil untuk persiapan rintisan IGI (Ikatan Guru Indonesia) Cabang Kotawaringin Barat. Itu hal tertunda, karena sejak beberapa bulan lalu baru tanggal 7 kemarin terlaksana. Niatnya punya wadah yang sesuai dengan “idealisme” diri. Tidak lebih. Selanjutnya adalah merencanakan agenda kerja bersama-sama rekan yang lain, termasuk rencana peresmian kepengurusan.

Beberapa draft tulisan belum siap juga untuk diterbitkan di blog ini, padahal sudah tinggal terbit saja tapi masih perlu sentuhan akhir. (#Halah…

Membicarakan niat untuk penekanan soal piketisasi guru dengan pak bos yang akan disampaikan senin besok lusa.

Menyelesaikan jadwal ujian tengah semester yang harus selesai dalam 1 minggu saja. Konsekuensinya sehari ada yang sampai 4 mata pelajaran. Itu tidak masalah, toh keseharian mereka belajar juga begitu. Inilah bebean yang berbeda diemban siswa yang belajar di madrasah, jumlah pelajaran jauh lebih banyak. kelas 10 sebanyak 19 mata pelajaran, kelas 11 dan 12 kurang lebih sebanyak 17 mata pelajaran. Wuih…

Kemarin sempat mencoba menggunakan MarvinSkecth dari ChemAxon. Ini adalah software kimia hanya untuk visualisasi rumus struktur kimia yang gratis, bisa dijalankan di sistem operasi Windows dan Linux juga MacOS. Mau mencicipinya silahkan unduh dari web ChemAxon ini. Bersiap untuk mengulasnya nanti kalau semua sudah terpahami.

Saat berselancar banyak mendapati forum pembelajaran kimia termasuk pembahasan soal-soal yang mungkin membuat siswa kesulitan menyelesaikan. Modal baru untuk dijadikan bahan tulisan 🙂 . Berbagi dari hasil bacaan dan mengulasnya kembali adalah hal yang wajar, apalagi dari bahasa lain, niatnya ada manfaatnya buat siswa dan rekan guru kimia lain.

Ok, apa aktivitas anda hari ini?

 

 

Iklan