Ringkasan Bahan Seminar Pemanfaatan TIK untuk Pengajaran

RINGKASAN MATERI SEMINAR DI SAMPIT 18 OKTOBER 2010
Oleh Urip, S.Pd., M.Sc.

TEMA : INOVASI PEMBELAJARAN
SUB TEMA: TIK SEBAGAI SUMBER PENGAJARAN

Diselenggarakan oleh Yayasan Agro Harapan Kab. Seruyan Kalimantan Tengah

TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) saat ini dan masa yang akan datang tidak bisa terelakkan lagi. Di mana pun berada TIK semakin merasuk ke dalam tatanan masyarakat, seiring dengan tersedianya layanan yang semakin merata dan terjangkau. Ada dampak positif yang dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan agar berbagai keterbatasan sumber informasi yang selama menjadi kendala isolasi pengetahuan dan teknologi bisa lebih terbuka.

Sarana TIK saat ini semakin “terjangkau” seperti komputer atau laptop, telepon genggam (hp). Berdasarkan keperluan masyarakat akhirnya mereka melengkapi diri untuk komunikasi maka hp semakin murah. Hal ini juga dimanfaatkan oleh penyedia jasa komunikasi untuk memberikan layanan yang lebih dan murah. Intinya asal tersedia jaringan komunikasi maka di situ pulalah masyarakat dapat memperoleh informasi di belahan sisi bumi ini. Apapun bentuk informasinya.

Dunia pendidikan juga tidak ketinggalan, banyak sekali konten pendidikan yang sesungguhnya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran dan pengajaran. Lebih-lebih adanya layanan terjemahan isi situs ke dalam bahasa Indonesia. Sumber dari mana pun kita bisa simak dan manfaatkan untuk anak didik. Setidaknya guru dapat sebagai jembatan informasi dan menyalurkannya ke siswa.

Kelemahan penguasaan TIK, misalnya untuk mencari dan memanfaatkannya bukan lagi alasan. Semua sudah tersedia. Hanya teknik, tips dan triknya saja yang perlu dipelajari dengan menggunakan naluri rasa ingin tahu.

Isi bahasan di sini akan mencakup beberapa hal:

  • Bagaimana memanfaatkan hp untuk sumber pengajaran?
  • Bagaimana tips untuk berinternet ria dengan “murah” melalui hp?
  • Bagaimana menggunakan internet untuk pengajaran di kelas secara offline?
  • Bagaimana menjalin komunikasi dengan rekan seprofesi untuk bisa berbagi pengalaman dan lain-lain?
  • Bagaimana mencari sumber bacaan berupa buku “gratis” melalui internet?
  • Tidak punya koneksi internet di rumah atau di sekolah bagaimana mengakalinya?
  • Wah gak tahu caranya memakai internet?

Semoga semua bisa menjadi awalan untuk membuka isolasi dan mengatasi kendala terbatasnya informasi bagi pendidikan untuk yang belum mengenalnya. Bisa lebih menginspirasi bagi yang sudah mengenalnya untuk dapat mengoptimalkan sarana TIK yang ada di sekitar guru.

MARI BERBAGI untuk TUMBUH BERSAMA mengantarkan insan yang terdidik dan berbudi pekerti.

——selesai——

Iklan

10 responses

  1. perkembangan teknologi dan informasi memang luar biasa melesat.:D

  2. terima kasih pak buat pengajarannya hari ini.

    1. Sama-sama pak Manhu… Semoga bisa membuat kita selalu bersemangat mau berbagi pengalaman walau kecil.

  3. sebenarnya masih ada yang mau saya tanyakan kemarin pak cuma ga sempat.
    mundahan lain kali Bapak bisa berbagi lagi

    1. OK pak, sy kira via blog ini pun kalau ada yang mau ditanyakan insyaalah jk sy dapat menjawabnya akan saya bantu. Semoga ada beda kita sebelum dan sesudah kegiatan itu. Tentu semakin berkembang… Salam sukses.

  4. saya mau tanya pengaturan2 d blog biar kelihatan rapi dan menarik.

    1. Untuk penataan sisi kanan atau kiri tinggal mengatur widget-nya. Untuk postingan ketikan dibuat perataan justify. Apakah begitu maksudnya?

  5. pengaturan menu2nya pak, masih bingung ngatur menunya, soalnya ga muncul2 menu yg dinginkan.misalnya menu home, artikel dll..

    1. Oh… Menu kl di wordpress.com tidak ada. Yg ada itu kita mesti membuat halaman (pages). Home itu standartnya, daftar isi atau apapun yg biasanya dideretan atas seolah menu itu aslinya adalah judul pages aja. Beda kalau kt makai wordpress.org.

  6. oooooo……bingung nyarinya.
    terima kasih atas pnjelasannya pak!