Cara Menggambar Rumus Struktur dengan ChemSketch

Kepada Pak Hadi Guru Kimia MAN di Bengkulu dan siapapun pembaca yang memerlukan, berikut ini sedikit tutorial untuk bisa menggambar rumus struktur beberapa senyawa hidrokarbon dengan menggunakan ChemSketch, dan menyalinnya ke dalam berkas microsoft word.

Cara menggambar rumus struktur senyawa hidrokarbon dengan menggunakan ChemSketch adalah sebagai berikut:

  1. Buka ChemSketch dari Star-Program-ACDLabs12-Chemsketch. Pada keadaan standar (default) ChemSketch dalam mode Structure.
  2. Agar semua atom C muncul nantinya silahkan atur propertiesnya dari Tools-Stucutures Properties. Caranya Centang All pada Show Carbons pada tab Common.
  3. Pastikan anda ada pada mode Stukture dan bukan pada mode Draw.
  4. Klik Atom C pada menu yg ada disamping kiri layar kerja chemsketch.
  5. Drag kemudian klik sekali untuk membuat satu C (metana) dan drag lagi dengan menyambung C pertama itu dan klik untuk menambah satu atom C untuk menjadi etana. Begitu seterusnya, untuk membuat percabangan tinggal klik pada C utama yang akan dijadikan tempat percabangan kemudian di drag dan klik.
  6. Pastikan rumus struktur yg digambar pada langkah sebelumnya terpilih, jika belum klik toolbar yang persis di bawah tulisan mode draw. Kemudian lakukan penseleksian struktur untuk tujuan menampilkan secara stukutur terkembang dengan atom H dan C nampak. Caranya klik Tools-Add explicit hydrogens. Jika berhasil maka tampilannya menjadi seperti dibawah ini.
  7. Untuk menyalinnya agar bisa dikopikan ke dalam microsoft word, pindahkan dari mode Structure ke mode Draw
  8. Salin (copy) rumus struktur yang sudah jadi kemudian letakkan (rekatkan/paste) dalam microsoft word.
  9. Selesai.

Belum memiliki software ChemSketch silahkan mengunduhnya. Lakukan registrasi terlebih dahulu di sini.

Semoga dapat membantu.

Iklan

11 responses

  1. saya mencoba mengunduh tapi yang free kok agak sulit ya pak . . .
    ada solusi pak ??

    1. Maksudnya sulit gmn yah? Mestinya sebelum mengunduh-nya silahkan registrasi terlebih dahulu. Kemudian silahkan konfirmasi pendaftaran yang telah dikirim ke email yg dipakai untuk mendaftar tadi. Semoga ini dapat membantu.

  2. sudah bisa pak,
    tapi kok saya coba membuat rantai hidrokarbon yang lurus seperti yang bapak jadikan contoh tidak bisa ya. kalau diklik pada rantai carbon yang akan dikasih tambahan rantai karbon lagi, tidak mau lurus tapi membentuk tangga yang semakin turun ke bawah.
    kok bisa kenapa ya pak ?
    masih belajar neh . . .

    1. Klik dan tahan aja kemudian seret agak panjang.

  3. thanks pak atas materi chemsketch-nya , saya izin copy yah pak , buat referensi anak2 di SMA ku 🙂

    1. Ok silahkan pak Achmad Zulfikar, semoga lebih bermanfaat. Salam untuk rekan guru di sekolah pak Achmad Zulfikar.

  4. pak saya sudah mendownload tapi kok atom carbonnya gak mau kelihatan. padahal tools propertiesnya udah dicentang all pada menu common. kok bisa kenapa ya pak ? ? jadi yang terlihat hanya atom H saja klo mengikuti langkah-langkah yang bapak berikan tersebut . . . sudah dicoba coba diotak atik, atom C nya gak mau muncul . . .
    oya pak bisa tdk chemsketch untuk membuat rumus lewis ? ? ?
    ada referensi software untuk membuat struktur lewis ? ? ?
    terimakasih atas bantuannya

    1. Coba klik C yg ada pada menu di kiri layar yg memanjang ke bawah itu secara default yg aktif hanya H. Menggambar strutur lewis bisa aja. Tekan F5 pada keyboard atau klik menu template–> template windows kemudian lewis structures. Klik model dot atau silang kemudian klik pada layar kerja chemsketch.
      selamat mencoba.

  5. Assalam…
    gmn cara dowload chemsketch nya pak….
    saya dah mncoba bbrapa x tp ga brhasil….
    tlg pak klo bs dkrm ke email aj bs jg pak…

  6. alhamdulillah saya sudah bisa download. Kesulitan yang saya hadapi menjadikan ikatan tunggal menjadi ikatan rangkap. Gimana caranya pak. Apa ada tutorialnya, untuk bisa mengoperasikan perangkat lunak ini.
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih atas share ilmunya

    1. Tinggal klik ikatannya saja Mbak :), klik sekali tepat pada garis (ikatan) dan akan jadi ikatan rangkap, klik dua kali jadi ikatan rangkap tiga, klik sekali lagi jadi ikatan tunggal kembali.