Mengajarkan Hidrokarbon dengan ChemSketch

Bahasan hidrokarbon pada kelas X sma diperlukan tenaga ekstra. Apalagi kalau sarana yang digunakan hanyalah berupa spidol dan papan tulis, harus menulis rumus molekul, kemudian menggambar lagi rumus molekul. Selain itu juga diperlukan kemampuan guru menulis di papan tulis dengan bagus dan juga menggambarkannya. Jika tidak maka menjadi tidak menarik lagi oleh siswa. Beruntung ada sarana komputer, proyektor, dan ada perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjelaskan tentang bahasan kimia karbon, terutama yang terkait rumus molekul, keisomeran dan lain-lain.

Secara langsung kita bisa membuat rumus molekul atau rumus struktur, dari 2 dimensi (2D) diubah menjadi 3 dimensi (3D)dengan beberapa pilihan model tampilan. Pada Chemsketch tersedia tampilan wireframe, ball & stikcs, stikcs, spacefill, dots only, disk, with dots.

Untuk dapat melihat bentuk molekul 3D maka kita harus membuka 3d Viewer yang satu paket dari software kimia gratisan ini. Lakukan pengkonversian 2D ke 3D. Caranya setelah menggambar molekul 2 D dengan benar lakukan pengkopian struktur 2D tadi ke 3D dengan klik menu copy to 3D dan silahkan klik 3D-View. Menu ini terletak dibagian pojok kiri bawah. Tampilan dari 2 dimensi untuk diubah menjadi 3 dimensi diperlukan langkah optimasi 3D terlebih dahulu agar bentuk molekul tidak terlalu melenceng dari keadaan nyatanya. Caranya setelah ACD/3D Viewer terbuka dan telah dilakukan pengkopian molekul, klik menu Tools dan pilih 3D-Optimization.

Yang perlu diperhatikan oleh guru dalam mengajarkan hidrokarbon dengan menggunakan ChemSketch ini adalah perlunya latihan sehingga apa yang dilakukan akan semakin efektif dan efisien. Tentu pengenalan yang lebih jauh tentang perangkat lunak ini sangat penting.

Memang dapat saja kita menyiapkan semua apa-apa yang perlu ditampilkan dalam bentuk file lebih dahulu, atau bahkan menyisipkannya dalam bentuk tayangan berupa powerpoint atau impress, tetapi langkah-langkah menggambar di depan siswa seperti itu akan mengajak siswa untuk bisa melakukannya sendiri agar mereka juga dapat mengeksplor lebih jauh.

Perangkat lunak ini tidaklah terlalu sulit untuk digunakan, kalau hanya sekedar ingin menjelaskan struktur molekul senyawa hidrokarbon. Intinya adalah siswa menjadi tertarik dan lebih mudah memahami apa yang dimaksud konsep dan model dalam bahasan ini. Dengan begitu siswa juga akan mengenal tata nama yang berlaku secara internasional sehingga tidak hanya tahu penamaan ala Indonesia saja. Inilah salah satu fitur yang dimiliki ChemSketch dapat meggeneralisir nama dari bentuk molekul yang ada. Untuk dapat melakukan itu kita bisa klik Menu Tools —> Generate —> Name for structure. Di sini kita perlu sedikit menjelaskan tata cara penamaan yang digunakan dalam aplikasi ini sehingga siswa tidak bingung.

Dengan visualisasi menggunakan ChemSketch yang gratis ini harapannya bahasan tentang senyawa karbon atau hidrokarbon dan juga bahasan lebih lanjut di kelas 12 bisa lebih mudah dipahami.

Sedikit tutorial tentang ChemSketch dapat diunduh dari sini.

Tulisan terkait:

4 responses

  1. Selamat malam Pak. Selamat ya blognya terpilih di acara guraru award Pesta Blogger 2010. Blog Bapak memang pantas jadi juara. Menginspirasi dan keren sangat. Apa kabar Pak?

    1. Alhamdulillah kabar baik. Saya beruntung saja, masih ada yang jauh lebih baik dari blog ini. Hanya saat penilaian mungkin juri memihak ke saya 🙂 . Semoga ini kesempatan untuk bisa belajar lebih banyak dan lebih baik, bisa berbagi dengan rekan seprofesi untuk bisa tumbuh bersama demi anak-anak kita.

  2. Salut untuk pak guru kita yang satu ini. Mampu membuat pembelajaran sains menjadi menyenangkan. rasanya tak salah bila blog ini menjadi pemenang pertamanya.

    Terus terang saya belajar dari anda. Selamat! Blog anda menang dalam lomba guru era baru, dan saya bahagia mendengarnya ketika nama anda diumumkan. Ters berkarya dan menulislah terus setiap hari.

    salam
    Omjay

    1. Tersanjung saya jadinya Omjay… Saya juga senang membaca tulisan Omjay… adem dan membuat kita untuk mawas diri baik jadi guru, orang tua bahkan sebagai warga negara. Luar biasa… Saya akan banyak belajar dengan membaca tulisan Omjay yang ada di mana-mana itu.
      Terimakasih.