ePub Salah Satu Format Ebook

Format ebook yang umum adalah pdf, chm, djvu. Masih ada lagi format lain yaitu ePub. Lebih jauh tentang ePub bisa dibaca di wikipedia.org. Kalau mau ngulik soal ePub silahkan menggunakan software yang jadi referensi di wikipedia itu.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca format file ePub yang pernah saya gunakan adalah Calibre di Linux saya. Untuk sistem operasi Windows juga ada tinggal unduh saja. Format ebook ePub relatif enak dibaca.

Dan asyiknya lagi ePub reader juga tersedia di Mozilla Firefox berupa add ons yang tentu saja bisa dipasang dengan gratis. Indonesia banget… suka gratisan. Kalau minat memasang-nya silahkan unduh dari kambing.ui.edu.

Dengan ePub-Catalog yang merupakan add-ons Mozilla Firefox kita bisa membaca-baca buku klasik secara gratis, lagi-lagi gratis. Kalau buku-buku edisi baru yah mesti di unduh dari situs-situs tertentu, dan cari aja yang gratis. Tapi untuk format ePub biasanya jarang. Hanya saja jika ketemu ebook yang diformat dalam ePub sering kalau menjumpai rumus-rumus kimia belum bisa muncul secara sempurna. Keuntungan lain dari ePub adalah ukurannya yang relatif kecil dan tentu saja tidak akan memerlukan resurce hardware komputer yang besar.

Tiada sesuatu yang sempurna, yang bisa memenuhi keinganan manusia.

Iklan