Visualisasi Unsur Kimia & Tabel Periodik

Sekian ratus unsur kimia dikenal hanya melalui tabel periodik, apa menariknya bagi siswa? Barangkali guru juga belum pernah melihat wujud nyata dari semua unsur itu, seperti saya juga. Lalu bagaimana bisa meyakinkan siswa tentang unsur-unsur dalam sistem periodik itu? Apa hanya cukup dengan melihat gambar saja? Mau membeli unsur-unsur sebanyak itu jelas tak mungkin, lab saja tak punya.Beruntung sudah ada yang membuat video tentang hampir semua unsur-unsur dalam periodik itu. Yah di situs http://www.periodicvideos.com/ tersedia hampir semuanya. Video-video itu bisa diunduh langsung dari situs tersebut. Sayangnya video tersebut diletakkan di youtube. Andai diletakkan dalam hosting yang sama dengan hostingan situs tersebut maka dengan mudah diunduh satu web secara total, tanpa harus melakukan edit link masing-masing video tersebut.

Tapi kalau mau sabar dan telaten kita bisa mengunduhnya, selanjutnya kita bisa menampilkan di depan kelas. Kalau mau sedikit kreatif kita bisa membuat pewajahan sendiri dengan menggunakan Powerpoint atau Impress. Sekali lagi kita perlu mengunduhnya satu per satu. Kemudian kumpulkan dalam satu folder sehingga memudahkan kita mengatur penggunaanya nanti. Dengan Powerpoint kita bisa memanfaatkan tool action button/script dan trigger.

Selain visualisasi di situs tersebut kita juga dapat melihat ragam keunikan tampilan sistem periodik yang dikreasi di situs http://theodoregray.com/periodictable/ . Visualisasi yang sangat menarik lagi tentunya, meskipun hanya dalam bentuk gambar.

Dari web/situs tersebut kita juga dapat mengunduh detail masing-masing unsur. Tapi kita akan puas dengan visualisasi yang diberikan. Harapannya tentu agar pelajaran kimia terutama yang terkait sistem periodik dan unsur-unsur kimia agar lebih menarik minat siswa.

Selamat berkreasi.

Iklan

One response

  1. saya mahasiswi tk.2 kimia ipb,
    memang bener tuh terkadang saya juga bingung apa ya yang bisa bikin saya tertarik mempelajari unsur-unsur yang banyak itu. dan makasih buat info link nya, ^^
    meskipun ini informasi basic banget tapi saya rasa semua siswa dan mahasiswa khususnya yang tertarik dengan kimia harus konsen juga sama basic kimia yang satu ini.