Menulis di Blog, Guru Tidak akan Kehabisan Bahan

Ibarat manusia yang hidup setiap saat selalu saja ada yang dipikirkannya. Selama guru masih aktif mengajar selama itu pula ia menemui banyak kejadian. Masalahnya kejadian-kejadian yang dialami guru selama aktivitasnya di sekolah dibiarkan berlalu begitu saja. Kejadian-kejadian itu kalau mau sedikit dipoles dengan bahasa yang menarik pasti akan layak tayang di blog. Lagian mana ada tulisan blog yang di sensor.

Kadang kejadian kecil jika diekspos akan menjadi inspirasi untuk pihak lain atau inspirasi bagi diri sendiri nantinya. Coba saja kita ingat, apa kejadian yang barusan kita alami di kelas tadi.

Kalaupun kita merasa tidak tertarik dengan kejadian kita selama mengajar tadi, ini berarti kita sebagai guru tidak punya sensitifitas terhadap siswa dan lingkungan kita selama mengajar. (*halaaah sok banget yah 🙂 )

Saya jadi teringat saat awal ngeblog dulu, ada kejadian kecil saja saya berusaha untuk tuliskan. Mungkin awalnya seperti narsis, tetapi jika ada orang lain mengalami hal sama maka ia akan mendapatkan jawaban atas peristiwa yang ia alami dari tulisan kita itu. Bukankah kita tidak perlu menghadapi kesengsaraan kalau orang lain sudah pernah mengalaminya. Tentu itu kita dapat dari pengalaman orang lain yang ia tulis kemudian kita baca, karena dia mau menuliskannya. Setidaknya itulah manfaat kalau kita mau menulis, bisa memberikan pengalaman kepada pihak lain. Amal juga itu namanya.

Lebih-lebih kita sebagai guru, mata pelajaran apapun yang kita ajarkan akan bermanfaat bagi komunitas guru yang mengampu pelajaran yang sama. Akan banyak orang mendatangi blog kita kalau kita selalu konsisten menuliskan pengalaman-penglaman kita. Jangan pandang remeh terhadap pengalaman-pengalaman yang menurut kita mungkin tak berarti. Kelak akan menjadi titik tolak untuk memperbaiki diri dalam mengajar. Apalagi kalau ada pengunjung blog yang mau berbaik hati meninggalkna komentar berupa saran dan kritik. Kemudian kita tergugah untuk mencoba memperbaiki diri. Pasti kita dapat melakukan perbaikan yang luar biasa.

Bahan-bahan yang bisa kita angkat sebaiknya adalah yang benar-benar dekat dengan aktivitas kita sebagai guru. Boleh saja soal materi pelajaran, teknis dan strategi mengajar yang kita pakai, atau kejadian-kejadian unik selama mengajar menghadapi siswa dan lain-lain. Prinsipnya apapun itu sejak kita berangkat menuju sekolah hingga meninggalkan sekolah. Selain itu bisa juga kita menanggapi suatu opini orang lain, mengomentari kebijakan pimpinan, pemerintah yang terkait dengan pendidikan. Benar bahwa dengan kita aktif menulis membjuat kita terbiasa kritis untuk menanggapi sesuatu, membiasakan diri untuk bisa responsif terhadap suatu kejadian. Bahkan ada yang mengatakan dengan rajin menulis membuat diri kita tidak cepat pikun.

Menulis itu tidak perlu mengada-ada, prinsipnya apapun pengalaman anda silahkan dituangkan dalam bentuk tulisan. Jadi tulisan kan?! Kita jangan mikir apa komentar orang nanti.  Mungkin tulisan-tulisan kita mengkal tidak matang, tapi biarlah begitu dulu. Ini adalah awalan. Nantinya tentu seiring waktu gaya tulisan kita akan berkembang menjadi lebih baik.Semoga.

Ayo menulis!!!

Iklan

10 responses

  1. […] dari https://urip.wordpress.com/2010/12/17/menulis-di-blog-guru-tidak-akan-kehabisan-bahan/ […]

  2. setuju :). Untuk saya, bisa sekaligus untuk mengingat kembali pengalaman kita dahulu, karena kapasitas otak manusia kan terbatas 🙂

  3. sekarang memang jamannya blog untuk semua. hidup guru.. hidup blogger..

  4. Pak urip itu guru saya dalam ngeblog dan kimia
    salam hormat saya pak guru, tidak ada kata “bekas” untuk guru, sekali guru ya guru. sekalipun telah beralih profesi

  5. betul.., meski menulis tidak semudah yang disarankan tp mencoba menulis adalah bagian dari mengembangkan diri pak,

  6. betul, bapak… menulis bisa dimulai dari apa saja …

  7. Mantap pa Urip. Ajakan yang menggugah dan merangsang heheh… Terus berkarya pak….

  8. saya sependapat dengan postingan ini, selebihnya Guru juga bisa menyampaikan pesan2 yang baik demi anak2 bangsa. Selamat Tahun Baru 2011, Semoga di 2011 lebih sukses.

  9. Bener banget mas, dengan menulis blog kita bisa tambah wawasan terus menerus entah itu dapatnya dengan kita menulis atau kita dapatkan dengan membaca blog teman-teman blog kita!!!

  10. salam sesama blogger!
    Semoga kita bisa selalu konsisten ngeblog, dan semoga skill blogging kita terus berkembang seiring berjalannya waktu…