Lagi… Download Tabel Periodik Unsur Berbasis Web

Tabel periodik unsur kimia jumlah dan variasinya cukup banyak tersedia di internet, tinggal kita pilih sesuai kebutuhan. Baru saja saya selesai mengunduh salah satu tabel periodik berbasis web. Seperti biasa jika ada hal yang menurut saya bagus langsung saya download total seisi web tersebut. Jika anda tertarik bisa mengunduhnya (men-download-nya) dari link  yang akan saya berikan nanti. Sebelum anda mengunduh table periodik yang saya maksud, silahkan terlebih dahulu web yang saya maksud agar tidak kecewa, sebab ukuran filenya cukup besar.

Beda kalau anda hanya mengunduh dan menginstall versi yangditawarkan oleh pembuatnya dari web tersebut. Ukurannya memang hanya 1,68 MB. Data yang disajikan pada tabel periodik terinstall itu tidak lengkap tidak beserta deskripsi. Bandingkan dengan model yang berbasis web dari situs tersebut. Saya berhasil mengunduh web tersebut untuk bisa digunakan secara offline. Semua yang ada dalam web tersebut (versi online contents) sudah bisa dilihat secara offline (kecuali untuk eksternal link). Hanya untuk bahasa non-Inggris saya sudah hilangkan. Ukurannya setelah di ekstrak sekitar 20 MB. Yang berminat silahkan tinggalkan pesan di kotak komentar agar saya bisa mengirimkan via email. Mudahan nanti bisa saya upload agar bisa diunduh langsung.

Inilah tabel periodik yang bukan sekedar tabel periodik. Lebih dari cukup menurut saya untuk bisa digunakan referensi di kelas jika diperlukan.

Isinya antara lain:

Tabel periodik bentuk pendek dan bentuk panjang serta konfigurasi elektron masing-masing unsur; Program java script untuk kalkulator untuk kimiawan serta konverter untuk sudut dengan berbagai satuan; Tersedia kamus dan glossary kimia; tersedia tabel periodik versi cetak dengan pilihan variasi warna atau hitam putih serta pemodelan kristal 3D dari kertas; Poster menarik untuk pendidikan terkait kimia.

Mungkin ada yang bertanya bagaimana mendownload website seisinya begitu, jawabannya adalah menggunakan software pengkopi web. Saya biasa pakai httrack. Kalau mau coba silahkan unduh software tersebut tersedia gratis di sini. Manual atau cara menggunakannya juga tersedia di bagian menu help. Yang perlu diperhatikan adalah set optionnya bagian limitasi jangan samapai maximum external depth linknya tidak di nol-kan, kalau bisa maximum mirroring depth dibuat 10 saja sudah cukup. Kemudian Max transfer rate-nya sesuaikan dengan bandwith yg anda gunakan biar bisa maksimal (default-nya max hanya 50.000 B/s dan bisa diubah ini).

Selamat menjelajah dan mengunduhnya.

11 responses

  1. aq mau ya…
    terimakasiii..
    🙂

  2. wah bagus sekali pak, mohon dikirim lewat email saya pak. trims sebelumnya

  3. saya tertarik sekali pak.
    kalo berkenan mohon dikirim ke email saya, terimakasih

  4. @titi, I Putu Budiarta, dan subagja: Silahkan perikasa inbox e-mailnya. Semoga bermanfaat.

  5. pak tolong kirimin saya lewat email ya…makasihsebelumnya

    1. Sudah saya kirim silahkan periksa e-mailnya.

  6. Pak Urip, boleh di kirim ke email sy. makasih

  7. boleh juga nih bwt org” kimia

  8. pak urip, tolong dikirimkan ke email saya juga ya?
    fransisto1980@gmail.com

    1. Silahkan cek inbox emailnya mas abu. Terima kasih.

  9. hilmiwan maulana bhakti

    Wah..saya tertarik tuch
    minta yach…buat anak didik saya
    semoga bermanfaat…amiin