Import Nilai Sekolah dari Excel/Spreadsheet untuk APNS 2011

https://urip.wordpress.com

Pekerjaan input nilai sekolah (NS) dengan Aplikasi Pendataan Nilai Sekolah (APNS) 2011 untuk kepentingan ujian nasional di setiap sekolah sedang marak-maraknya untuk SMA. Sebentar lagi lebih marak karena SMP belum melaksanakan ujian sekolah (US). Dan menjadi kesibukan ekstra kalau tidak tahu cara menginputnya.

Ok tulisan ini bukannya menulis ulang tapi memberikan penekanan untuk kita yang mendapatkan kesulitan dalam menginput nilai sekolah menggunakan APNS 2011 seperti yang pernah saya alami. Kesulitan saya sebelumnya adalah tidak bisa melakukan import US, yang semestinya bisa kita lakukan. Kalau tidak yah kudu menginput satu-satu dan ini justru beresiko terjadi kesalahan ketik. Kita sudah melakukan penghitungan nilai rata-rata rapor (40%) ditambah nilai US (60%). Hasil hitung tadi semestinya bisa kita lakukan import sehingga tidak mengerjakan secara manual.

Masalah-nya seperti yang saya tuliskan ditulisan sebelumnya bahwa APNS 2011 yang kami terima dari kantor dinas pendidikan saya, tidak diberikan user sebagai admin. Akibatnya yah menu import yang semestinya aktif menjadi tidak aktif. Gak tahu apa alasannya kami tidak diberikan peran sebagai admin padahal toh APNS 2011 yang kami gunakan itu secara offline.

Dari hasil diskusi di forumdata. infoun.info saya memperoleh penjelasan bahwa agar bisa aktif menu import pada APNS 2011 harus bertindak sebagai admin. Lalu saya disarankan untuk menghapus file AKSES.Y2K di folder DATAPRG terlbih dahulu. Selanjutnya kita sudah bisa login sebagai user ID: admin dan password: Admin.

    1. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan format isian NS seperti yang dipersyaratkan APNS 2011.
    2. Silahkan unduh formatnya atau bisa menggenerate sendiri. Masuk APNS -> Menu Isi Data -> Import Nilai -> Pilih Raya dan Sekolah -> klik Buat Format Excel.
    3. Buka file FORMAT NILAI US JENJANG “SEKOLAH”.xls
    4. Lakukan save as atau kopi saja sheet tersebut dan buka new file dan pastekan di file lembar kerja yang baru tadi.\
    5. Gantikan semua isi baris ke 2 sesuai dengan yang diminta nomor, nama peserta, program studi, NS tiap mata pelajaran. Jangan mengubah format header kolom yang ada.
    6. Nomor peserta, nama peserta dan program studinya bisa di salin (kopi) dari database yang diberi dari kabupaten atau hasil generate.
    7. Kopikan hasil hitung NS, jangan lupa paste special pilih value, buat nilai dengan 2 digit desimal.
    8. Simpan file tadi ke dalam folder US dengan format penamaan yang disarankan.

– pp-rr\US\U11_pprrsssj.XLS
pp  : Kode Propinsi
rr  : Kode Rayon
sss : Kode Sekolah
j   : Kode Jenjang (P=SMP/MTs, U=SMA/MA, K=SMK)
rr : Kode Rayon

  1. Sebelum mengimpor data NS pindahkan ke folder lain jika dalam folder US anda sudah berisi data dengan ekstension DBF.
  2. OK, selanjutnya lakukan impor file berformat excel yang kita buat tadi dengan menggunakan APNS (Nilai Sekolah 2011. EXE).
  3. Coba buka dari menu ISI DATA -> Nilai Sekolah (pilih propinsi, kabupaten dan sekolah kita).
  4. Selesai.

Bagaimana mencetak data NS hasil imporan tadi.

    1. Pindah ke menu Cetak -> Daftar Nilai -> Pilih rayon (kabupaten) -> Pilih sekolah kita (jangan lupa pilih poin sekolah/madrasah).
    2. Sesuaikan jenis printer dan klik Cetak.

  1. Selesai.

Download APNS 2011 versi 3f. perlu mendaftar terlebih dahulu.

https://urip.wordpress.com

17 responses

  1. Wah ada aplikasinya tho, kok sekolah saya tidak dikasih oleh dinas ya…???? jadinya input nilainya harus lewat website yang sungguh2 merepotkan karena sinyal modemnya sering hilang jadinya setelah input banyak tidak bisa di upload jadi harus di ulang lagi….. 😦

    oiya program nilai sekolah kok sulit di download, tiap d klik pasti minta login n setelah login dan d klik download minta login lagi, padahal file yang lain lancar2 aja downloadnya.
    oiya bisa minta tolong kirimkan programnya lewat email, pak…….!!!!
    terimakasih sebelumnya

    1. Ok Mas Yudo, silahkan check inbox e-mailnya sudah sy kirim tuh.

  2. kalo berkenan saya juga minta programnya pak cuz susah banget downloadnya. trims…

    1. Mas Ridwan Aziz silahkan cek inbox e-mailnya. Sudah saya kirim tuh.

  3. pak urip kalo mo tambah nama kepala sekolah dan nip itu bagaimana supaya saat mencetak kita tidak perlu ditulis tangan

    1. Kata yang membuat memang harus ditulis manual. termasuk tanda tangan dan stempel. Begitu katanya. Mudahan akan diupdate untuk bisa diinput nama kepala sekolahnya.

  4. Pak Urip, mohon bantuan tata cara impor data yang termudah…terima kasih

  5. Saya sudah mencoba membuat file excel dg penamaan seperti yang diminta< kenapa gagal ya Pak?? Mungkin karena memakai \ . Bagaimana triksnya, pak? terima kasih

    1. nama filenya hanya U11_pprrsssj.XLS, sesuaikan dengan kode sekolah, rayon dll-nya terus letakkan dalam folder seperti yg dianjurkan.

  6. makasih pak atas kirimannya, tapi untuk jateng memang input datanya harus lewat website jadi memang harus bersusah2 …… hehehe

  7. maaf pak knapa Aplikasi punya saya tdk bs diinstall
    Microsoft Visual Foxpro Cannot Locate.
    mohon balas via email ya!!!
    makasih

    1. Sepertinya mas Huda hanya menjalankan aplikasi tanpa menyertakan file pendukung. Coba saya kirim file lengkapnya kemudian silahkan dicoba lagi, semoga berhasil.

  8. kami ingin mencoba aplikasinya pak urip. untuk arsip nilai sekolah. agar jika besok entry data masih harus online, kami bisa dengan cara manualnya juga.
    suwun

  9. maaf, pak. saya mengalami kesulitan dalam pengcopyan ke cd. aplikasi yang sudah saya isi dengan data nilainya saya burn ke cd, tapi setelah dicoba dibuka, ternyata tidak bisa dibuka. mohon bantuannya, pak. terima kasih.

  10. Pak
    Saya minta bantuannya. kenapa setiap validasi data dari menu utilitas suka gagal. ini contoh gambarnya

    (https://lh5.googleusercontent.com/_KJfwI3ASLak/TdqE8-4fIJI/AAAAAAAAABE/fMXuuC7AK2s/Error%20Validasi.png)

    terima kasih

  11. pa saya minta format excel buat ngegabungin nilai arport sama nilai Akhir sekolah nya bt simulasi nanti klu nilai UN nya berapa

  12. Pak Urip.. Mau aplikasinya dounk? mksh Pak.. 😉