Mungkinkah pH Larutan Negatif?

Kimia dari About dot com
https://urip.wordpress.com

Mungkinkah pH larutan negatif? Jawaban singkatnya, MUNGKIN!

pH Metter

Kenapa tidak mungkin, hitungan secara teoritis ini sangat mungkin kok!. Ini hanya terjadi pada asam kuat dengan konsentrasi yang lebih dari 1 M.  Kita bisa periksa menggunakan rumus pH = -log [H+], misalnya larutan HCl 10M maka kalkulasinya menghasilkan nilai -1. Jadi ini mungkin banget kan?!

Tetapi adakah alat (pH meter) yang sanggup mengukur nilai sampai pH -1? Ini lain lagi masalahnya.

Dalam literatur dinyatakan rentang pH itu antara 0 – 14. Itu saja dibatasi kalau larutannya encer (tidak lebih dari 1 M). Pada alat ukur derajat keasaman ini bekerja dengan menggunakan larutan pembanding tertentu. Atau dengan kata lain alat tersebut perlu dikalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Jadi pH juga berharga relatif, belum lagi diukur pada kondisi bagaimana, misal pada suhu berapa derajat atau tekanan berapa atm.

Jadi setiap asam yang menghasilkan konsentrasi ion hidrogen dengan molaritas lebih besar dari 1 yang dihitung memiliki pH negatif. Misalnya, pH HCl 12M dihitung menjadi -log (12) = -1,08. Namun, Anda tidak bisa hanya mencelupkan elektroda pH kaca dalam HCl dan mengukur pH negatif. pH elektroda gelas mengalami defek (catat) yang disebut ‘acid error’ yang menyebabkan ia mengukur pH lebih tinggi dari pH nyata. Hal ini sangat sulit untuk diterapkan koreksi untuk cacat ini untuk mendapatkan nilai pH benar.

Juga, asam kuat konsentrasi tinggi tidak sepenuhnya terurai dalam larutannya . Dalam kasus HCl, beberapa hidrogen akan tetap terikat dengan klorin, sehingga dalam hal ini pH nyata akan lebih tinggi daripada pH yang dihitung dari molaritas asam.

Keadaan yang lebih rumit jika aktivitas atau konsentrasi efektif ion-ion hidrogen dalam asam kuat pekat yang lebih tinggi  dari konsentrasi yang sebenarnya. Hal ini karena ada begitu sedikitnya air sebagai pelarut per unit asam. Sementara pH umumnya dihitung sebagai -log [H +](negatif logaritma dari molaritas ion hidrogen), akan lebih akurat untuk menulis pH = – log aH+ (pH = negatif logaritma dari aktivitas ion hidrogen). Pengaruh aktivitas ion hidrogen ini sangat kuat, dan membuat pH jauh lebih rendah daripada yang kita harapkan dari molaritas asam.

Jadi … Anda tidak dapat mengukur pH yang sangat rendah secara akurat  dengan pH elektroda kaca dan sulit untuk mengatakan apakah pH itu ditentukan oleh peningkatan aktivitas ion hidrogen lebih dari yang disebabkan oleh terurainya asam secara tidak sempurna. pH negatif adalah mungkin, tetapi bukan sesuatu yang bisa ditunjukkan secara nyata.

Pertanyaannya: untuk apa sih sesungguhnya kita menentukan pH larutan, bukannya sudah cukup diwakili dengan satuan konsentrasi MOLAR? Ini pertanyaan yang sering muncul. Jawabannya pasti SAUDARA sudah tahu?! 🙂

2 responses

  1. Trimkasih pak, infonya…. selama ini soal di buku-buku cenderung konsentrasi asam slalu di bawah 1M, padahal larutan asam kuat itu byk yg lebih dr 1 M, sy sependapat dengan bpk…pH negatif itu mungkin-mungkin sja terjadi…..

  2. Benar memang, pH larutan bisa negatif. Kalau boleh agar dibahas juga cara menghitung log dengan mudah tanpa siswa harus menggunakan kalkulator.