Sebelas Fakta tentang Uranium

Kimia dari About dot com
https://urip.wordpress.com

Unsur uranium merupakan salah satu unsur radioaktif. Kita dapat menemukan informasi rinci tentang uranium dengan mengunjungi halaman fakta tentang uranium. Berikut adalah sebelas fakta uranium.

  1. Uranium murni adalah logam yang berwarna putih keperakan.
  2. Nomor atom uranium adalah 92, berarti atom uranium memiliki 92 proton dengan 92 elektron ketika tidak menjadi ion. Isotop uranium tergantung pada beberapa neutron yang dimilikinya.
  3. Karena uranium radioaktif dan selalu meluruh, radium selalu ditemukan dengan bijih uranium.
  4. Uranium sedikit bersifat paramagnetik.
  5. Uranium adalah nama untuk planet Uranus.
  6. Uranium digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir. Satu kilogram uranium-235 secara teoritis bisa menghasilkan ~ 80 terajoule (8 x 1010 kilojoule) energi, yang setara dengan energi yang bisa dihasilkan oleh 3000 ton batubara. Mungkin karena alasan inilah beberapa negara memaksakan diri untuk membuat pembangkit listrik tenaga nuklir yang beresiko jika terjadi kecelakaan seperti yang dialami Jepang baru-baru ini.
  7. Bijih uranium alami telah diketahui dapat mengalami reaksi fisi secara spontan.The Oklo Fossil Reactors of Gabon, Afrika Barat, memiliki 15 reaktor nuklir fisi alam kuno yang tidak aktif. Bijih alam kembali terdi-fissioned di zaman prasejarah ketika 3% dari uranium alam ada sebagai uranium-235, yang merupakan persentase cukup tinggi untuk mendukung  reaksi fisi inti berantai yang berkelanjutan.
  8. Kepadatan uranium sekitar 70% lebih tinggi dari timbal, tapi lebih rendah dari  emas atau tungsten, meskipun uranium memiliki berat atom kedua tertinggi dari unsur-unsur alami (kedua setalah plutonium-244).
  9. Uranium biasanya memiliki valensi baik 4 atau 6.
  10. Efek kesehatan uranium biasanya tidak berkaitan dengan radioaktivitasnya, karena partikel alpha yang dipancarkan oleh uranium tidak bisa menembus kulit. Sebaliknya, dampak kesehatan itu terkait dengan toksisitas uranium dan senyawanya. Menelan senyawa uranium heksavalen dapat menyebabkan cacat lahir dan merusak sistem kekebalan tubuh.
  11. Bubuk halus uranium yang terurai bersifat piroforik, artinya ia akan menyala secara spontan pada suhu kamar.

Sumber tulisan: http://chemistry.about.com/od/elementfacts/a/Quick-Uranium-Facts.htm

CMIIW 🙂