10 Fakta tentang Nitrogen (N)

Kimia dari About dot com
https://urip.wordpress.com

Kita menghirup oksigen, namun udara kebanyakan terdiri dari nitrogen. Kita perlu nitrogen untuk hidup dan mendapatinya dalam makanan yang anda makan dan bahan kimia yang umum. Berikut adalah beberapa fakta singkat tentang unsur nitrogen. Kita dapat menemukan informasi lengkap tentang nitrogen pada halaman fakta nitrogen di chemistry.about.com.

  1. Nitrogen tidak berbau, berasa, dan tidak berwarna.
  2. Gas Nitrogen (N2) mengisi 78,1% dari volume udara di bumi.
  3. Nitrogen adalah bukan logam.
  4. Gas Nitrogen relatif inert, tetapi bakteri tanah dapat ‘memperbaiki’ nitrogen ke dalam bentuk yang tanaman dan hewan dapat gunakan untuk membuat asam amino dan protein.
  5. Ahli kimia Perancis Antoine Laurent Lavoisier menamai nitrogen azote (zat pelemas), artinya tanpa kehidupan.
  6. Nitrogen kadang-kadang disebut udara ‘terbakar’ atau ‘dephlogisticated’ udara, karena udara yang tidak lagi mengandung oksigen hampir semuanya adalah nitrogen saja. Gas di udara yang lain ada dalam konsentrasi yang lebih rendah.
  7. Senyawa nitrogen ditemukan dalam makanan, pupuk, racun, dan bahan peledak. Tubuh kita mengandung nitrogen sebanyak 3% berat dari berat badan.
  8. Nitrogen menentukan atas warna-warna auorora, oranye-merah, biru-hijau, biru-violet, dan warna ungu.
  9. Salah satu cara untuk mempersiapkan/membuat gas nitrogen adalah dengan pencairan dan distilasi fraksional dari atmosfir.
  10. Nitrogen memiliki valensi 3 atau 5.
Iklan