Alat Hebat untuk Presentasi

Saya termasuk jarang melakukan presentasi di depan rekan-rekan sejawat dalam hajatan resmi seperti beberapa saat lalu. Tapi kalau presentasi di depan siswa jelas kita semua hampir tiap hari melakukannya. Dari sekian kali presentasi hingga hari ini saya belum mendapatkan kata kunci bagaimana bisa memberikan presentasi yang baik, unik dan menarik. Semua saya sajikan sesuai sense pribadi saja. Bagaimana memilih font, desain dan lain-lainnya saya lakukan secara biasa-biasa saja.

Beberapa hari lalu saya mendapatkan kiriman tips dari http://www.ellenfinkelstein.com karena saya melanggannya. Diinfromasikan darinya terdapat 5 tool hebat yang bisa dimanfaatkan oleh seorang presenter. 5 tool itu dia peroleh dari blog Presentasion Advisors miliknya Jon Thomas, pada tulisannya  “My Five Favorite Free Presentation Design Tools,” yang di share kepada semua orang yang melanggan pada situs ellenfinkselstein. Lumayan untuk bisa belajar lebih jauh bagaimana bisa menjadi presenter atau sekedar membuat presentasi yang bagus dan menarik serta sesuai tujuan.

Apa saja 5 tool hebat tersebut, berikut penjelasan atas pilihan tool tersebut menurut Jon Thomas.

  1. Compfight adalah alat untuk mencari gambar pada Flikr. Kita dapat dengan mudah menemukan gambar yang memiliki lisensi Creative Commons atau Komersial. Tinggal memasukkan kata kunci untuk gambar yang kita perlukan maka kita akan diberikan banyak sekali tawaran gambar-gambar yang indah, cantik dan tentu saja eyecandy.
  2. DaFont adalah situs untuk font gratis. Banyak pilihan model huruf yang bisa di unduh gratis untuk digukan presentasi yang menarik, di luar yang biasanya, untuk mengurangi kejemuan menggunakan font standar yang itu-itu saja.
  3. KeepVid memungkinkan kita men-download video YouTube sehingga kita dapat memasukkannya dalam presentasi kita, tanpa memerlukan koneksi Internet yang aktif. Meskipun ternyata bahwa program ini bertentangan dengan YouTube Terms of Use , bagian 4C. Dengan KeepVid kita tinggal kopi link video yang hendak di download dari YouTube kemudian klik download, masuk deh video ke komputer kita. Tapi menurut saya tidak harus menggunakan alat ini. Masih banyak alat pengunduh lainnya, sperti menggunakan Internet Downlaod Manager yang memiliki ekstensi yang menyatu dengan firefox atau internet explorer atau browser lain.
  4. Note and Point adalah situs yang berisi presentasi berkualitas top. Ini adalah tempat yang bagus untuk mencari inspirasi desain. Meskipun dikemas dalam format pdf tapi kita bisa melihatnya bahwa desain-desain yang menginspirasi ada di sana. Mau mengkonversi menjadi file PPT atau yang lain kita bisa manfaatkan aplikasi lain seperti Solid PDF converter.
  5. SlideShare adalah situs berbagi slide. Banyak sekali presentasi di sana ini juga bisa memberi inpirasi bagi kita dan juga yang lain.

Ini sekedar meneruskan informasi yang saya dapat agar kita juga bisa memanfaatkannya ketika kita memerlukannya. Selamat mencoba.

Iklan

One response

  1. Wah cakep font-font nya pak. he… trims om!