Memilih WordPress.com atau Blogspot.com?

Bagi para pemula yang baru saja mengenal blog banyak pilihan untuk bisa membuat blog dan mengisinya dengan bermacam-macam tulisan sesuai dengan minat kita. Nge-Blog intinya adalah pada isi blog, bukan pada tampilan. Tampilan memang akan menentukan juga pada akhirnya. Banyak di antara para pemula begitu awal mengenal blog sering keder untuk melakukan pembelajaran tentang hal baru. Ini wajar pasti dialami semua blogger pada awalnya dulu. Yang membedakan adalah pada daya juang perseorangan untuk mau belajar atau tidak. Hal baru tentang apapun itu perlu pengenalan lebih mendalam agar terbiasa.

Dua pemberi layanan blog gratis terbesar di dunia yaitu wordpress.com dan blogspot.com. Ingin tahu lebih jauh bagaimana cara menggunakannya sudah banyak bertebaran di internet. Jadi tinggal sesuaikan selera saja. Perbandingan di antara keduanya juga sudah banyak yang mengupasnya. Coba saja silahkan cek salah satunya ini. Menurut penialaian subyektif saya, yang relatif sudah lama menggunakan wordpress, dan sedikit mengenal blogspot ada perbedaan mendasar dari segi fleksibilitasnya di antara keduanya.

Jika anda baru mengenal itu blog saya menyarankan menggunakan wordpress.com. Nanti kalau sudah mulai mencicipi asam garamnya dunia perbloggan silahkan mencoba blogspot. Mengapa demikian? WordPress, dengan hanya beberapa pilihan theme untuk bisa dilakukan modifikasi tidak banyak. Dengan wordpress kita tidak diberikan ijin untuk mengubah banyak dari segi tampilan. Jadi menurut pengalaman saya di wordpress.com kita bisa fokus pada isi blog, soal tampilan kita nomor dua-kan. Karena isi blog adalah segalanya bagi sebuah blog.

Jika ingin bebas melakukan banyak modifikasi soal tampilan, maka blogspot adalah pilihan yang tepat. Banyak sekali theme blogspot yang bisa diunduh dan diterapkan pada blog kita. Kita bebas sekali mau diisi apa dan model apa tinggal kopikan skrip dari berbagai sumber kita bisa membuat tampilan blog yang beda, benar-benar beda dengan blog milik orang. Di wordpress.com tidak bisa demikian. Skrip java anda bisa aplikasikan dalam blogspot, sementara di wordpress.com tidak diijinkan keculai kita mengambil yang berbayar.

Untuk bisa membuat tampilan blog yang berbeda dengan blog orang lain di blogspot kita kudu banyak tahu tentang bahasa html atau yang lebih tinggi. Bagi orang awam yang baru mengenal tentang dunia blog ini sering membuatnya minder dan merasa kesulitan. Padahal ia bertujuan hanya ingin menulis, kok mesti ribet dengan berbagai teknik yang menurutnya pasti rumit dan njelimet. Apalagi bagi kebanyakan orang yang tidak menaruh minat tinggi belajar tentang hal baru.

Bagi anda yang baru berniat ngeblog jangan urungkan niat untuk menulis di blog. Jatuhkan pilihan anda dengan wordpress.com saja. Karena kita tinggal pilih theme sesuai selera meskipun terbatas namun kita tidak perlu ribet mempelajari atau sibuk utak-atik disain blog, misalnya hanya sekedar ingin menambahkan widget kecil saja. Di wordpress tinggal seret aja dan mengedit sedikit dan simpan jadi deh. Teguhkan pendirian untuk menulis jangan terlalu ambil perduli dengan tampilan. Namun jangan berhenti, sambil lalu silahkan kenali perlahan-lahan tentang kode-kode html yang merupakan bagian wajib bagi seorang blogger. Tidaklah perlu semua dikenali, cukup yang penting-penting saja.

Saya sendiri suka blogspot dengan pemberian kebebasan menentukan disain dan memodifikasinya. Namun selama ini ada sesuatu yang selanjutnya membuat saya malas untuk lebih jauh mendalaminya. Kita mesti rajin untuk mencoba-coba tampilan yang baru. dan itu kita mesti selalu membuat back up theme sebelumnya untuk menghindari kalau ada kerusakan saat melakukan perubahan. Jadi blogspot menurut saya hanya cocok bagi anda yang suka belajar dan memiliki banyak waktu luang untuk bereksperimen mem-make over wajah blog di blogspot.com.

Selanjutnya terserah anda, mau belajar html sejak awal dan masif silahkan gunakan blogspot.com, tidak mau ribet-ribet dulu tapi mau fokus kepada isi blog silahkan menggunakan wordpress.com. Yang jelas semua punya plus minus. Tapi ingat blog itu yang diutamakan adalah content, bukan hanya tampilan saja. Mau mendapatkan layanan lebih dengan menggunakan wordpress.com kita bisa membayarnya. Tapi kalau pemula tak usahlah dulu. Menulislah lebih rajin dengan begitu blog kita semakin kaya isi.

Selamat ngeblog.

4 responses

  1. saya sih pilih wordpress.com sajah, enak dan nyaman

  2. karena saya new bie,saya pilih wordpress.com dulu