Percaya Diri-lah dengan Kekurangan Anda!

Orang Indonesia memang belum terbiasa untuk percaya diri (termasuk saya). Artinya dengan diri sendiri saja tidak percaya akan kemampuan kita. Kalau ditanya apa kehebatan anda, lihat saja apa jawabnya, kebanyakan clinguk-an sok merendahkan diri. Tapi kalau ditanya apa kekurangan anda, wou… pada ngaku. Jadi kebanyakan percaya diri dengan kekurangannya.

Bagaimana dengan Anda?

Kita bandingkan dengan karakter diri orang-orang Jepang, China, Korea. Seolah mereka sangat percaya diri. Saya tidak tahu persis apakah memang itu sikap percaya diri atau hanya sekedar untuk memberikan semangat diri, memberi sugesti diri. Tapi setidaknya itu memang memberikan kekuatan yang tidak banyak dimiliki orang seperti kita. Orang kita suka merendahkan diri, padahal kini ada pemaknaan bahwa sikap rendah diri juga hampir sama dengan kesombongan. Nah loo!

Lalu mengapa orang Indonesia (saya) kurang percaya diri? Banyak hal yang menyebabkan hal itu. Ketidakmampuan dalam banyak hal, serba tanggung dalam menguasai sesuatu membuat diri hilang kepercayaan. Ini sepertinya di dukung oleh kondisi pendidikan di negeri ini untuk memberikan tentang banyak hal tetapi semuanya sangat-sangat dangkal. Ini sudah mendarah daging, sejak pondasi Indonesia dibuat dulu. Akhirnya mental tak percaya dirilah yang selalu ada di benak saya (orang kebanyakan).

Ketakmampuan bersaing secara sehat pada banyak lini membuat itu seolah sudah lazim. Jiwa gotong rotong (yang jauh dari istilah persaingan) semakin lama pun semakin pudar. Sepertinya kita sedang dalam proses pencarian jati diri untuk bisa menjadi manusia yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Kemumpunian dalam suatu hal membuat seseorang akan merasa percaya pada diri.

Sejak kecil melalui pendidikan (di sekolah atau di rumah, dimasyarakat) kita sudah harus mengembangkan sikap percaya diri dan penghargaan diri, ini penting, ini modal untuk bisa jadi bangsa yang maju yang mampu sejajar dengan bangsa lain. Ini memang bukan budaya asli bangsa kita. Kita selalu diajarkan untuk bersikap tidak sombong, di mana ketidaksombongan itu perlahan akan menciutkan nyali dalam peradaban ini.

Bagaimana dengan kita sudah terlanjur jadi orang yang tidak percaya diri ini? Gampang! yuk banyak baca cerita-cerita sukses, mengikuti pelatihan, dan yang terpenting adalah memperdalam bagian dari diri kita yang membuat kita tidak percaya diri. Intinya kita sendirilah yang bisa memperbaikinya. Misalnya kita tidak percaya diri saat berbicara di depan umum, cari penyebabnya dan selesaikan masalah yang menyebabkan itu. Gampang kan? Hehehehe teorinya begitu, praktiknya juga gampang. Asal kita mau memulai dan selalu memperbaikinya. Titik.

Setiap orang hanya memiliki rasa percaya diri pada bidang tertentu saja. Sangat langkah orang bisa percaya diri dalam semua bidang dalam kehidupan ini. Oleh karena itu kegiatan mengasah kemampuan sesuai minat dan hobi serta fokus bidang kerja kita akan menjadikan orang yang luar biasa. Saya? Saya sedang mencoba untuk bisa percaya diri di bidang saya dan kegiatan yang akhir-akhir ini menjadi hobi baru saya. Saudara sekalian (hehehe gaya pidato orde lama nih) juga bisa melakukan hal serupa. Bagaimana sudah siap untuk memulai mendalami apa yang menjadi minat besar anda agar bisa percaya diri?

Jika kita mulai minder dengan kondisi badan/jiwa kita, ingatlah itu adalah sikap yang tidak tahu terimakasih dengan pemberian Sang Pencipta. Manusia semua terlahir dengan kehebatannya masing-masing, yang membedakan hanyalah seberapa besar ia mampu menghargai diri untuk membangkitkan potensi kehebatan diri yang mungkin tidak dimiliki orang lain. Tulisan ini adalah upaya saya untuk membangkit semangat saya dan kalau mau ikutan ayolah kita gali potensi diri mulai sekarang juga. Momen penting pencarian rasa percaya diri adalah saat ini. Jangan tunda sampai besok.

Mari!

Iklan

2 responses

  1. Nice posting mr urip….

    Tulisannya sangat inspiratif sekali khususnya bagi saya yang baru saja membaca,,,apalagi saya juga memiliki penyakit krisis PD yang kronis intinya obat untuk mengatasi penyakit krisis PD adalah temukan potensi pada diri kita lalu asah sampai menjadi kemampuan yang luar biasa dan menjadikan kita orang hebat….

    Di tunggu kunjungan baliknya mr Urip…jangan lupa berkomentar….terimakasih 🙂

  2. mari kita tanamkan dan kembangkan nilai percaya diri sedini mungkin