Pembahasan Soal UN Kimia 2011 (1)

Soal-soal Ujian Nasional Kimia 2011 secara keseluruhan relatif lebih mudah dibandingkan soal-soal tahun sebelumnya.
Berikut beberapa soal pada soal UN 2011 Kimia tentang pH (derajat keasaman) yang relatif mudah untuk diselesaikan:
Pada larutan penyangga jika dilakukan penambahan sedikit asam atau basa tidak banyak mengalami perubahan pH. Pada tabel data percobaan tersebut bisa diamati larutan-larutan mana saja yang mengalami perubahan yang relatif  kecil, dan badingkan setiap larutan yang tersaji dalam tabel tersebut.
Yup…! Pada larutan II dan III lah yang memiliki perubahan pH yang relatif kecil, maka itulah alternatif  jawaban yang paling tepat, alternatif A.

Dari data pengujian pH pada sampel air limbah yang tercemar asam adalah pada sampel yang memiliki pH di bawah 7, dalam hal ini sampel Q (5,5) dan sampel T (4,7) sedangkan sampel lainnya memiliki pH di atas 7 (P, R, dan S).

Melihat soal dan alternatif jawaban soal seperti itu tidaklah perlu untuk diselesaikan dengan teknik menghitung. Campuran kedua larutan akan menghasilkan garam CH3COONa yaitu garam yang berasal dari asam lemah (CH3COOH) dan basa kuat (NaOH). Dengan demikian campuran kedua larutan akan memiliki pH di atas (lebih dari) 7 (basa, basa-nya lebih kuat, asam-nya lebih lemah ?).
Dari alternatif  jawaban pH yang lebih dari 7 hanyalah alternatif jawaban E.

One response

  1. sangat membantu mkasi byak moga tuhan mamblas kbaikan bpak/ibu