Soal UN Kimia 2011: Uji Elektrolit Kuat – Lemah

Pada soal UN 2011 pelajaran kimia terdapat soal yang menurut saya tidak tersedia alternatif jawaban yang tepat. Soal tersebut adalah mengenai indikasi larutan elektrolit-non elektrolit dengan mengunakan uji daya hantar listrik beberapa larutan dengan ilustrasi gambar sebagaimana soal berikut:

Pengujian pada gambar 1, Dibandingkan gambar yang lain kekuatan larutan elektrolit ini adalah yang paling kuat, ditandai dengan adanya gelembung gas di elektroda dan lampu menyala.

Pengujian pada gambar 2, kekuatan larutan elektrolit ini lebih lemah dibandingkan pengujian  pada gambar 1, tetapi lebih kuat dibandingkan pengujian pada gambar 4.

Pengujian pada gambar 3, tidak menunjukkan adanya indikasi sebagai larutan elektrolit (seperti adanya gelembung dan nyala lampu), jadi ini bisa disimpulkan sebagai larutan non-elektrolit. Meskipun untuk pembahasan kimia lebih lanjut ini harus dianalisis lebih lanjut benarkah yang seperti itu larutan non elektrolit.

Pengujian pada gambar 4, kekuatan larutan elektrolit ini lebih lemah dibandingkan pengujian  pada gambar 1 dan pengujian pada gambar 2.

Pengujian pada gambar 5, dari indikasi yang nampak sesuai ilustrasinya ini bukanlah ilustrasi yang benar. Saya tidak tahu apakah ada gejala yang hanya menunjukkan aktivitas pada satu elektroda saja, sementara elektroda yang lain tidak menunjukkan adanya aktivitas hantaran listrik seperti gambar no 5 ini. Seandainya terjadi terjadi pengendapan ion logam pada elektroda (yang tidak ada gelembungnya) maka semestinya pada ilustri juga harus ditunjukkan gejalanya entah modelnya bagaimana.

Dari alternatif kombinasi jawaban menurut saya yang tepat untuk penunjukkan larutan elektrolit kuat adalah gambar nomor 1 dan penunjukkan larutan elektrolit lemah adalah gambar nomor 4. Atau andai ada bolehlah memilih kombinasi gambar 2 dengan gambar no 4 juga. Kalau dipaksakan maka mungkin berdasarkan perbandingannya maka gambar 1 elektrolit kuat dan gambar 2 elektrolit lemah (lemah jika dibandingkan gambar 1). Jadi apakah alternatif A yang paling tepat sebab ini soal adalah soal perbandingan dari gejala yang nampak?

Demikian pembahasan ini jika ada salah harap memberikan koreksi, atau kita bisa diskusikan lebih lanjut pada ruang komentar.

Iklan