Pembahasan Soal UN Kimia 2011 (2)

Berikut adalah 3 soal kimia pada UNSUR 2011 tentang senyawa karbon. Soal yang pertama adalah pengenalan jenis-jenis reaksi kimia pada senyawaan karbon.
Reaksi adisi ~ reaksi peng-isi-an ikatan yang rangkap diisi oleh gugus fungsi lain agar menjadi ikatan tunggal. Reaksi adisi, adalah reaksi kimia yang menyebabkan pengisian orbital sp2 (ikatan rangkap) menjadi sp3 (ikatan tunggal) atau lebih gampangnya adalah reaksi ikatan rangkap pada dua atom C menjadi ikatan tunggal. Seperti pada reaksi ke 2 itu.

Reaksi eliminasi ~ ada sepasang gugus berdekatan yang dieliminasi, dilepaskan, dikeluarkan sampai terbentuk ikatan rangkap baru. Seperti reaksi balikan pada rekasi ke 2 itu.

Reaksi substitusi, reaksi pertukaran pasangan, reaksi pertukaran gugus fungsi, jadi hanya bertukaran pasangan saja tapi semua ikatan tetap adanya. Seperti pada reaksi pertama itu. Gugus OH dalam CH3CH2CH2OH bertukaran pasangan dengan gugus Cl dari HCl kemudian OH bereaksi berpasangan dengan H dari HCl membentuk H2O.

Isomer posisi adalah senyawa sama hanya berbeda peletakan ikatan atau gugusnya saja. Pada soal ini peraksi yang dimaksud adalah CH3CH=CHCH3 (2-butena). Jadi kita tinggal memindahkan letak ikatan rangkapnya saja ke urutan lain.
Jawaban A adalah yang paling tepat CH2=CH–CH2–CH3 (1-butena).
Jawaban B adalah bentuk memanjang dari senyawa pereaksi itu sendiri.
Jawaban C dan E bukanlah isomer dari pereaksi.
Jawaban D adalah isomer strukturnya dengan jumlah atom sama persis (tapi bukan isomer posisi).

Dengan memperhatikan rumus senyawa tersebut dan dengan didukung deskripsi berikutnya kita bisa menerka bahwa senyawa C2H4O2 memiliki gugus fungsi –COOH, C2H4O2 ~ CH3COOH alias asam asetat, asam cuka. Sementara yang lain jumlah atom O-nya pada gugus fungsi masing-masing hanya 1. Jadi pilihan jawaban yang tepat adalah B.

One response

  1. pembahasan yang selanjutnya mana?