Pembahasan Soal UN Kimia 2011 (8)

Beberapa soal UN kimia 2011 yang bersifat hafalan yang jumlahnya cukup banyak ada sekitar 10 soal atau 25% dari soal kimia keseluruhan, wah… Berikut pembahasan 3 soal hafalan namun perlu analisis dan kecermatan. Tujuh lainnya dibahas pada tulisan berikutnya.

Selain harus hafal untuk bisa menjawab soal ini adalah kejelian kita dalam menganasilis soal.

  • Bahan makannya adalah protein, dengan uji Biuret akan menunjukkan gejala positif bila terjadi perubahan warna menjadi ungu (K, M, N).
  • Uji xantoproteat digunakan untuk menguji keberadaan inti benzena dalam protein. Gejala positifnya jika protein mengandung inti benzena adalah perubahan warna menjadi kuning jika ditambah NH3 atau menjadi jingga jika ditambah NaOH (K, M, N).
  • Uji timbal (II) asetat digunakan untuk menguji keberadaan unsur S dalam protein. Jika pada uji ini terjadi perubahan berwarna menjadi hitam maka ia positif merupakan protein yang mengandung  unsur S dalam hal ini adalah K, L, M, tetapi L bukanlah protein (negatif terhadap uji Biuret).

Jadi dari hasil uji sebelumnya disimpulkan bahwa protein yang mengandung inti benzena dan juga mengandung unsur S adalah K dan M

——————————————————————————————————

Dalam soal ini memasangkan unsur, mineralnya dan kegunaannya.

  1. Wiserit (Mn4B2O5(OH,Cl)4) tidak mengandung unsur barium (Ba)
  2. Selestit (SrSO4), Sr untuk bahan pembuat kembang api = benar ketiganya
  3. Dolomit (CaMg(CO3)2) tidak mengandung unsur kalium (K)
  4. Pirolusit (MnO2), ~  Mn merupakan zat aktif dalam baterai
  5. Karnalit (KMgCl3 – 6H2O), Mg untuk bahan pembuat obat anti maag (anti asam ~ antasida) = benar ketiganya.

Jadi altenatif yang mungkin adalah kombinasi antara 2, 4, dan 5, namun yang tersedia adalah 4 dan 5 saja .(alternatif jawaban E)

——————————————————————————————————

Ini juga soal analisis terkait bahasan polimer yang memerlukan kemampuan untuk mengingat (hafalan). Berikut analisisnya.

Untuk polimer 2, 4, dan 5 pasangan polimer dan monomernya sudah tidak tepat. Jadi tidak perlu ditinjau lebih lanjut untuk analisisnya, kebetulan polimer no 1 dan 3 baik ploimer, monomer, proses pembuatan dan kegunaannya benar semua. Jadi alternatif jawaban yang tepat adalah 1 dan 3 (B)

——————————————————————————————————

Download pembahasan soal ini dalam format pdf

Iklan