Belajar Kimia dari Iannone’s Chemistry Page

urip.wordpress.com

Sebagai tambahan referensi sumber belajar kimia untuk siswa sma atau tambahan bahan pembelajaran bagi guru silahkan mengunjungi web Iannone’s Chemistry Page. Dari sana kita bisa mempelajari materi kimia untuk sma. Materinya kita tinggal sesuaikan saja dengan kurikulum yang kita pakai sekarang. Karena koneksi internet saya kurang begitu memadai jika digunakan saat pembelajaran, maka saya mengunduh secara utuh isi web tersebut agar saya bisa menggunakannya secara off line.

Saya berniat berbagi, tapi sayang ukuran filenya (1 web) cukup besar. Bagi siswa saya (MAN Pangkalan Bun) jika memerlukan bisa mengkopi lewat saya, siapkan flasdish dengan sisa ruang minimal 220 MB. Bagi yang jauh sebaiknya mendownload sendiri dengan menggunakan aplikasi httrack yang gratis untuk mendownload seluruh isi web tersebut. Tutorialnya pernah saya tulis di sini. Atau bisa juga mendowload file presentasinya saja, meskipun kalau menurut saya kita harus memperbaikinya agar lebih menarik.

Sedikit review tentang isi web tersebut, menurut saya web tersebut sangat bagus untuk siswa. Materi-nya disajikan dengan pembahasan simpel namun sangat mengena dengan tujuan pembelajarannya. Selain itu juga disediakan slide powerpint, lembar kerja, dan juga quiz beserta jawabannya.

Berikut screenshoot dari sebagian materi yang tersaji di sana.

Jadi pingin juga membuat hal serupa. Dapat inspirasi baru dari hasil jelajah pagi ini.

Oh yah materi yang tersaji dalam web tersebut adalah materi kimia untuk kelas 11 dan 12 (tapi kelasnya beda dengan sistem di Indonesia loh). Kelas 11 dan 12 itu adalah senior high school (sederajat dengan sma). sementara junior high school-nya itu kelas 7,8,9,10 ini setara dengan smp. Tapi soal kedalaman materinya sepertinya pelajaran kimia di Indonesia masih kalah. Tapi tak apalah yang penting kita bisa memanfaatkan sumber tadi.

Selamat menjelajah.

