Menjadi Juri Lomba Blog Guru Kalteng 2011

Hampir 2 jam pagi tadi diskusi dengan 3 rekan guru yang diberi amanah dari Ikatan Guru Indonesia Wilayah Kalimantan Tengah (IGI Kalteng) untuk menilai blog pada lomba blog guru Kalimantan Tengah 2011. Diskusi tersebut kami lakukan secara online. Maklumlah kami berjauhan, tidak mungkin harus kopi darat. Sayangnya satu juri dari pihat pendukung ada sedikit masalah sehingga tidak bisa gabung dalam diskusi tersebut.

Bertindak sebagai juri:

Ini adalah pertama kali lomba blog guru di Kalimantan Tengah. Pelaksanaanya terbilang sempit waktu. Persiapan untuk penjurian juga kurang begitu tersusun rapi. Maklum ini untuk pertama kali penjurian blog guru tingkat daerah. Semua masih suka meraba-raba :), membuat acuan sendiri dengan beberapa kelonggaran tapi bukan longgar baju dan celananya :). Mari sama-sama belajar saling memberi support dan memperbaiki kekurangan yang ada agar ke depan lomba serupa lebih baik.

Berharap lomba berikutnya nanti akan diikuti peserta lebih banyak. Perlu sosialisasi yang cukup, dan perlu pembelajaran pengenalan bagaimana ngeblog yang benar, bagaimana mengelolah blog, dan bagaimana menulis. Blog seorang guru, harus guru banget, tapi tidak berarti kaku. Namun demikian ciri keguruan seorang guru ya mesti harus mengguru, bukan menggurui. Kalau tidak apa kata dunia? Pengalaman mengikuti lomba blog 2008 bersama rekan saya ini, kami merasa enjoy tidak ada keharusan begini atau begitu, semua bebas. Tapi nafas keguruan harus tetap muncul dengan gaya nge-pop atau funky kalau bisa. Saya mah bersahaja kalau ngeblog.

Oleh karena itu kami membuat kriteria se-simpel mungkin: orisinalitas, profil penulis blog, keajegan mengisi blog dengan tulisan sendiri, kualitas tulisan, aktualitas tulisan, kelengkapan bagian blog, dan penggunaan bahasa. Mungkin masih harus ada kriteria lain namun kali ini kami cukupkan itu saja dengan memberi poin masing-masing kriteria, dan pembobotan 25% pada orisinalitas, dan kualitas tulisan. Sisanya tersebar hampir merata pada 5 kriteria lainnya.

Bagaimana menguji orisinilitas tulisan? Hah gampang sekali, ambil (salin/kopi) secara acak pada beberapa kalimat pada tulisan suatu blog, kemudian ditempel/direkat (paste) pada search engine google. Kalau sumbernya hanya satu-satunya yaitu dari blog tadi maka itu artinya tulisan orisinil. Kalau banyak nah tinggal cek mana tulisan terdahulu. Ada yang mau mengakali dengan edit waktu posting? Ah gampang-lah itu ada jurus tertentu yang kami miliki. Jadi siapa coba-coba main di timing saat posting gak bakal bisa menghindar.

Kualitas, bagaimaiana mengukurnya? Nah kalau hasilnya sudah tidak orisinil hanya salin dan penggal sana-sini ini kami tidak bisa menilai kualitas tulisan lagi, maaf saja. Sesungguhnya kualitas tulisan itu sangat relatif, tergantung pengalaman penulis saja. Tapi bagi pemula memang harus lebih banyak belajar, bagaimana bisa menulis di blog. Sepertinya perlu lebih banyak dan lebih sering pelatihan, pengenalan blog pada guru di Kalteng. Semua menjadi kemakluman, keterisoliran, baru mengenal internet, belum banyak baca tentang blog. Tapi tahun depan sudah harus ada kemajuan.

Menurut saya orisinalitas atau keaslian tulisan pada blog menjadi segala-galanya. Nge-blog bukan hanya mengisi atau mengumpulkan tulisan lain ke blog kita. Kitalah yang harus mengisi sendiri. Tentang apa saja, keseharian, pengalaman, opini, ide, dan yang lainnya. Guru nge-blog aslinya tidak ada aturan, tapi yang ada adalah etika. Etika menngutip tulisan, menyalin tulisan semua harus menyantumkan sumbernya, jangan sampai diaku seolah-olah kita yang menulis.

Mari belajar lebih giat, belajar bagaimana menjadi guru yang blogger.

4 responses

  1. wkwkwkwk …. tautannya saya seperti terbalik mas 😀

  2. Oh iya terlalu pede, gak ngecek lagi. Besok diedit deh…harap maklum, Makasih dah dikoreksi.

  3. […] maka blog dapat dijadikan sarana untuk berlatih menulis. Bagi yang sudah bisa seperti pak Rudy dan Pak Urip, blog dapat dijadikan sarana berbagi pengalaman. Lantas blog yang baik itu seperti […]

  4. Kalo penjurian pas-pasan terus hasilnya seperti apa?kira2 campur sari kali!