Panduan untuk Guru Era Baru (Buku Gratis & Halal)

urip.wordpress.com

Kehidupan seorang guru tidaklah stagnan pada suatu masa saja. Ia akan terus mengikuti alur jaman. Tidak mengikuti alur jaman dipastikan bukanlah jiwa seorang guru. Ketika era berubah, maka sudah dipastikan guru terpaksa, suka tidak suka, rela tidak rela harus mengikuti irama jaman, mengikuti perubahan era itu. Saat ini adalah eranya digital. Hampir semua lini dunianya guru dapat dilakukan dengan menggunakan digital. Dengan berbagai kemudahan dan “sedikit” keterbatasannya teknologi digital merangsek masuk lebih dalam dalam dunia pendidikan, di mana pun di seluruh negeri. Tak perduli guru di perkotaan atau guru pelosok, kota besar atau kecil, tanpa kecuali. Bahkan di tengah hutanpun asal terdapat jaringan layanan data semua bisa memanfaatkannya.

Hubungan dua arah pun akhirnya tidak terlalu sulit dilakukan meskipun dibatasi jarak, ruang, dan waktu. Semua itu karena kita sudah masuk dalam era digital, era baru dengan segara euforianya. Ilmu tidak lagi hanya bisa diperoleh hanya via bangku sekolah atau buku-buku kertas. Dengan era digital, era internet semua mengubah budaya konvensional menjadi sesuatu yang sangat berbeda. Banyak sekali media yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam mendukung proses pembelajarannya di kelas, menambah wawasan, membuat jaringan antar komunitas sesama guru. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, cukup bermodal bisa baca tulis dan tersedia koneksi data yang memadai.

Saya sangat beruntung pada tahun 2010 memperoleh anugrah Acer Guraru Award 2010, dan kini siap menjadi duta Acer Indonesia. Saya siap untuk berbagi tentang pengalaman yang masih sedikit ini kepada sesama rekan guru. Sejak Agustus 2006 saya ngeblog, saya senang sekali berbagi melalui tulisan di blog selama bergaul dan menggeluti internet serta menggunakannya untuk memudahkan pembelajaran di kelas. Kita, semua guru Indonesia pasti bisa untuk menjadi guraru, yang penting punya niat kuat, mau memulai dan turut serta secara aktif dalam aktivitas di era baru.

Screenshoot Daftar Isi 1 Panduan untuk Guraru

Untuk bisa bergaul di era baru, pihak Acer Indonesia telah berinisiatif membuat buku panduan bagi para guru dalam memanfaatkan internet. Buku ini dipersembahkan Acer Indonesia bagi GURARU – Guru Era Baru!  Sebuah buku kecil, hanya 36 halaman namun syarat manfaat buat guru.

Berikut kutipan pengantar dari penyusun dan penerbit buku Panduan untuk Guru Era Baru:

BLOG? Media sosial? Kedua istilah itu sering disebut di tengah euforia penggunaan internet. Mau tidak mau Anda, sebagai pendidik, harus memahami. Cara terbaik untuk memahami adalah terlibat. Yang namanya terlibat itu adalah masuk dan ikut bermain. Tidak hanya menjadi penonton. Sulitkah? Sebetulnya tidak. Asal bisa memakai internet pasti bisa, karena semuanya semudah menulis e-mail. Maka marilah kita mulai. Seperti halnya belajar naik sepeda maka tak ada cara yang tepat selain mencoba langsung untuk mengendarainya.

Silahkan diunduh gratis dari web acerid.com, Ini link-nya http://acerid.com/wp-content/uploads/downloads/2011/05/GURARU_bukuacer_preview.pdf

Screenshoot Daftar Isi 2 Panduan untuk Guraru

Buku yang disusun dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti untuk memberikan arahan bagi kita, guru era baru, Guraru. Terdapat 7 bab sebagaimana pada screenshoot di atas. Dimulai dari panduan ngeblog, bergaul menggunakan media sosial, penggunaan media sosial untuk kegiatan pendidikan, melakukan komunikasi dengan murid, dan stakeholder pendidikan, sedikit tentang kilasan perjalan internet, sampai pada inisiatif mulia pihak Acer Group Indonesia untuk membuat ajang Guraru Award guna meningkatkan IT-literacy atau melek IT di kalangan guru Indonesia.

Sebuah buku yang bagus buat kita guru Indonesia untuk bisa mengoptimalkan internet untuk pembelajaran siswa kita. Terimakasih Acer Indonesia.

Iklan

10 responses

  1. apa sudah diterbitkan bro ?

    1. Sudah tinggal download aja dari link tadi. Itu bukunya Acer kok 🙂

  2. Mau ya om yang haratis-haratis, apalagi halal, he.. terimakasih om.

  3. berarti siap untuk didownload kang, besok aja downlod udah ngantuk. tengkuyu dulu

  4. Hallo Mr Rudi blognya, tidak bisa dikometari dengan blogspot. Coba dibuka seperti punya pak urip, jadi bisa komentar. hi hi hi, jika di izinkan.

    1. memang begitu …. saya masih alergi kalo dari engine lain … maklum agak risih wkwkwkwk 😆 so cuma bisa seperti selesma an … maaf atas ketidak nyamanan ini hahahah 😀

  5. Sebelumnya Selamat pak karena telah memperoleh anugerah Acer Guraru Award 2010. Semoga guru yang lain juga segera menyusul. Nanti saya download dan saya pelajari.

  6. trims pak saya download…

  7. terimakasih pak

  8. Saya ingin juga ikut guraru award. Di tahun 2013 masih adakah guraru award?