Profil Blog Juara I Lomba Blog Guru Kalteng 2011

urip.wordpress.com

Senang sekali saya berkesempatan mereview kemudian memberikan skor untuk blog-blog terdaftar pada ajang lomba blog guru Kalteng 2011. Bersama Kang Budi (blogger Bartim) dan Pak Mikael Setiawan (Korporat Pendukung) kami menentukan poin-poin sesuai kriteria yang telah kami buat bersama termasuk dengan pihak panitia lomba dari IGI Kalteng. Dari sekian blog yang mendaftar akhirnya kami bisa memunculkan sang juara, juara blog guru Kalteng 2011. Tiga pemenang tersebut antara lain:

Pemenang I: panjiirfan.wordpress.com
Pemenang II: share-comp.blogspot.com
Pemenang III: urangkapuas.blogspot.com

Kali ini akan saya ulas sedikit profil pemenang I lomba blog guru Kalteng 2011. Sebagai pengalaman pertama menjadi juri pada lomba blog guru Kalteng. Karena baru pertama kalinya juga kami sedikit mengalami kesulitan dalam menentukan sang juara dengan terbatasnya waktu. Sesungguhnya blog guru di Kalteng jumlahnya sudah sangat banyak seiring dengan meluasnya ketersediaan layanan data/internet di seluruh pelosok wilayah Kalteng dan juga wilayah lain di Indonesia. Tetapi karena alasan keterbatasan waktu dan kurangnya sosialisasi lomba maka tak semua dapat mendaftar. Apapun alasannya akhirnya kami harus menentukan pemenangnya juga dengan menggabungkan poin berdasar kriteria.

Akhirnya pada tanggal 21 Mei 2011, para pemenang lomba tersebut diumumkan. Pemenang pertamanya adalah blog seorang guru yang mengajar di wilayah pedalaman Kabupaten Seruyan, salah satu kabupaten hasil pemekaran Kab. Kotawaringin Timur – Kalteng. Panji Irfan adalah nama pemilik dan pengelola blog yang beralamat di panjiirfan.wordpress.com. Blog simpel namun sangat bagus menurut saya setidaknya. Dengan berbagai keterbatasan sarana akses internet mas Panji Irfan akhirnya bisa juga mengelola blognya dengan baik. Tidak kalah dengan mereka yang berlimpa bandwidth untuk bisa berinternet ria.

Sesuai latar belakang pendidikannya Mas Panji Irfan yang seorang guru Bahasa Indonesia, sangat rajin mengisi blognya di sela-sela tugasnya yang super sibuk mengajar di SMP Tunas Agro di bawah Yayasan Agro Harapan. Salut saya dengan blog guru Kalteng ini. Semangat menulisnya sepertinya sedang naik, dan semakin rajin menjelajah untuk mengejar ketertinggalan dalam dunia tulis-menulis. Lewat blognya ia sudah mulai menikmati kegiatan ngeblog-nya, sekali lagi dengan keterbatasan bandwidth. Mungkin seharusnya memang harus seperti itu, guru aktif menulis, lebih-lebih guru bahasa Indonesia. Selain rajin meminta siswanya untuk menulis ia sendiri juga harus menulis. Bagus lagi menulis untuk dipublikasi di blog pribadi.

Blog seorang guru menurut saya tidak perlu berkriteria tertentu. Isinya boleh tentang apa saja untuk bisa berbagi dengan siapapun. Tidak harus selalu ada pernak-pernik yang mencirikan aktivitas guru, itu juga yang saya anut. Sebab semakin kaku dengan segala pernik keguruan blog menjadi tidak lagi enak dilihat. Ini menghindari kebosanan setiap mengunjungi blog seorang guru pasti isinya ada itu-itu saja. Mas Panji Irfan rupanya sudah mulai menangkap isyarat itu. Meskipun belum lama ngeblog di wordpress.com ia sudah membaca pola blog yang baik dan ia terapkan lewat blognya. Bagus lanjutkan! 🙂

Saya yakin masih banyak lagi blog guru Kalteng yang bagus, hanya belum berkesempatan mendaftar dalam lomba ini. Mudah-mudahan pada ajang serupa akan lebih banyak lagi yang mendaftarkan blognya sehingga blog guru Kalteng bisa eksis di tengah kancah blog-blog guru Indonesia bahkan dunia. Tapi catatan dari saya untuk para blogger guru, utamakan orisinilitas tulisan. Itu yang utama yang menjadi salah satu kriteria utama penjurian lomba blog guru Kalteng. Kalau sekedar salin-rekat sebaiknya dihindari, itu tak akan banyak bawa manfaat buat kita yang ingin bisa menulis.

Akhir saya ucapkan selamat kepada para pemenang, mari lanjutkan untuk berbagi melalui tulisan di blog. Semoga sedikit dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan pendidikan lewat per-blog-an di Kalimantan Tengah.

Iklan

13 responses

  1. Duh malu om urip, pasnya ditambahi kategori pemula, he.. Ini gara-gara dikompori om urip, he..

    1. Sudah saat menunjukkan bahwa dengan guru era baru maka tidak ada alasan karena kita tinggal di tengah belantara kalimantan. Selamat berasyik ria menulis, tunjukkan bahwa guru bahasa Indonesia memang bisa menulis :).

  2. Ayo om, melangkah sedikit sedikit aja saya. he..

  3. Witwiw… kaget, berubag tema, hehe…

    1. Biar tidak bosan, mencari pilihan yang tersedia hanya itu-itu saja.

  4. Wah saya itu nulis blog cuma iseng-iseng saja, ungkapan protes yang tidak bisa tersalurkan. Alhamdulilah dapat juara ke III, dengan blog yang sederhana ini.

    1. Semua awal mula ngeblog kita hanya iseng, tak ada yg serius untuk mengincar sesuatu. Intinya berbagi. Selamat untuk pak Muhaimin, terus menulis!

  5. semoga pada ajang kedua nanti lebih banyak pesertanya

    1. Semoga saja, makanya perlu kerja sama antar sesama guru yang hobi ngeblog, dan tolong di update blog guru bartim yah om, http://bloggergurukalteng.wordpress.com/bartim/

  6. selamat sagan yg menang..

    Salam blogger banua

  7. “”Tapi catatan dari saya untuk para blogger guru, utamakan orisinilitas tulisan. Itu yang utama yang menjadi salah satu kriteria utama penjurian lomba blog guru Kalteng. Kalau sekedar salin-rekat sebaiknya dihindari, itu tak akan banyak bawa manfaat buat kita yang ingin bisa menulis.””

    melihat dari kalimat itu,, jadi banyak juga yg masih kopas ya,, hehe

  8. Tentunya berisi dengan materi pembelajaran bagi anak didik dan untuk sering kepada guru lainnya…salam kenal

  9. om2 smua di atas, q mnt ajarin juga dong caranya ngehias blog…q bingung banget nih…mksh…